Kompas.com - 01/03/2019, 15:18 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas harus terjebak di Mali setelah pesawat yang hendak membawanya terkendala masalah teknis.

Diwartakan Deutsche Welle, Maas terjebak di Mali setelah pesawat Airbus A319 yang hendak ditumpanginya rusak pada Kamis (28/2/2019) malam.

Dia berencana untuk meninggalkan Bamako, namun terpaksa harus bermalam sebelum pesawat pengganti membawanya pada Jumat (1/3/2019).

Baca juga: Pesawat Kanselir Jerman Mendarat Darurat saat Menuju KTT G20

"Saya telah menempuh perjalanan lebih dari 300.000 km tanpa masalah," katanya.

Menurut dia, kendala teknis seperti bisa menimpa siapa saja. Belum diketahui secara rinci masalah teknis yang menimpa pesawat pemerintah Jerman itu.

Ternyata, insiden pesawat rusak semacam itu dialami oleh pesawat kenegaraan Jerman selama beberapa bulan terakhir.

Masalah tersebut menuai ejekan sekaligus kritikan mengenai pemeliharaan armada yang sudah menua.

Kini, Kementerian Pertahanan Jerman berencana untuk membeli tiga unit pesawat Airbus A350 baru untuk penerbangan jarak jauh.

Masalah pesawat kenegaraan yang rusak pernah membuat Kanselir Angela Merkel terlambat menghadiri KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina.

Pesawat yang membawa mengalami masalah mekanik di Belanda sehingga memaksanya mendarat ke Cologne, Jerman.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Adolf Hitler Resmi Jadi Warga Negara Jerman

Pada Januari 2019, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier terlambat tiga jam ke Etiopia karena ada kendala pada pesawatnya di Berlin.

Menteri Pembangunan Jerman Gerd Muller bahkan harus membatalkan perjalanan ke Namibia, termausk turnya di Afrika, pada Januari lalu karena masalah pada pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.