Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Jepang Dukung Keputusan Trump Tak Capai Kesepakatan dengan Kim

Kompas.com - 28/02/2019, 20:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan dukungannya terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump yang tidak mencapai kesepakatan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Jepang sepenuhnya mendukung keputusan Presiden Trump untuk tidak berkompromi dan pada saat yang sama melanjutkan diskusi yang produktif, serta mendesak Korea Utara untuk mengambil tindakan nyata," kata Abe, dikutip AFP.

Abe mengatakan dirinya telah berbicara dengan Trump melalui sambungan telepon mengenai pertemuan puncak selama dua hari di Hanoi.

Baca juga: Pupusnya Harapan Korea Selatan pada KTT Trump-Kim Jong Un di Hanoi

Trump dan Abe berbincang saat presiden berusia 73 tahun itu kembali ke Washington usai pertemuan pertemuan dengan Kim yang berakhir lebih cepat dari yang diperkirakan, lantaran tidak ada kesepakatan antara kedua pihak.

"Terkadang Anda hanya harus berlalu berjalan dan ini hanya salah satu dari waktu-waktu itu," kata Trump kepada wartawan usai pertemuan.

Abe menilai permasalahan utama bagi Jepang adalah nasib beberapa warganya yang diculik oleh agen Korea Utara pada lima dekade lalu, yang menurut Abe telah kembali diangkat dalam pembicaraan Trump dengan Kim di Hanoi.

"Jepang dan AS akan mempertahankan kerja sama yang erat untuk menyelesaikan masalah penculikan serta masalah nuklir dan rudal," ujar Abe.

Pada kesempatan itu, Abe juga kembali mengulangi keinginannya untuk dapat bertemu dan bertatap muka dengan Kim, sebuah prospek yang telah ia diskusikan beberapa kali, namun baik Tokyo maupun Pyongyang belum ada yang secara terbuka mengambil langkah nyata untuk terjadinya pertemuan.

"Saya bertekad untuk dapat bertemu dengan Ketua Kim Jing Un untuk waktu selanjutnya," lanjut Abe.

Baca juga: China: Permasalahan Nuklir Korea Utara Tak Bisa Selesai dalam Semalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com