Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sully, Anjing Mendiang Presiden George HW Bush Kini Punya Tugas Baru, Apa Itu?

Kompas.com - 28/02/2019, 11:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dengan ekornya yang menggoyang, Sully mengambil sumpah dengan Pusat Medis Nasional Walter Reed Rabu (27/2/2019).

Sully bukanlah anjing labrador biasa. Dilansir Reuters via Asia One Kamis (28/2/2019), dia merupakan anjing mendiang Presiden Amerika Serikat George HW Bush.

Sully HW Bush menjadi terkenal sebagai anjing penjaga sekaligus teman presiden ke-41 dalam sejarah AS itu di akhir hayatnya.

Baca juga: Inilah Sully, Anjing yang Menemani Bush Jelang Akhir Hayatnya

Ketika Bush Senior meninggal dunia dalam usia 94 tahun pada 30 November 2018 lalu, Sully berbaring di dekat peti matinya.

Kini, Sully mempunyai tugas baru yakni membantu veteran perang Amerika yang mempunyai disabilitas serta tentara yang masih aktif.

Walter Reed dalam keterangan tertulisnya menyatakan, Sully bertugas memberi dukungan, kenyamanan, dan menghibur veteran yang terluka dan keluarga mereka.

Diharapkan dengan kehadiran Sully, stres pada veteran yang terluka dan keluarga mereka bisa berkurang, dan perasaan positif bertambah.

"Sully bakal menyebarkan kebahagiaan di Rumah Sakit Walter Reed. Dia merupakan teman yang setia ketika Kakek membutuhkanya," kata cucu Bush, Jenna Bush Hager.

Sully merupakan satu dari tujuh anjing yang bekerja di rumah sakit militer di kawasan Bethesda, Maryland, tersebut.

Ketujuh anjing itu bakal menangani rata-rata 2.500 pasien dengan jam kerja 200 jam setiap bulan, menurut keterangana Walter Reed.

Menurut America's Vetdogs, organisasi yang melatih Sully, anjing Labrador berwarna kuning itu berusia sekitar 2,5 tahun.

Saat upacara pelantikan, Sully menuai tawa ketika dia mengangkat kepalanya dan meregang sebelum mengambil sumpah.

Setelah itu, dia dipasangi "seragam militer", rompi yang bakal dia kenakan selama berada di kawasan Walter Reed.

Sully dinamai dari Kapten Chesley "Sully" Sullenberger yang berhasil mendaratkan pesawat komersial US Airways di Sungai Hudson.

Pendaratan darurat itu terjadi setelah pesawat kehilangan daya karena menabrak sekawanan angsa saat lepas landas dari Bandara LaGuardia New York.

Baca juga: Misi Bantu Mendiang George HW Bush Selesai, Bagaimana Nasib Sully?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com