Kompas.com - 26/02/2019, 09:55 WIB

DONG DANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Vietnam dengan menggunakan kereta, setelah melakukan perjalanan selama lebih dari dua hari dari Pyongyang.

Kereta lapis baja berwarna hijau tua dengan garis kuning itu terlihat memasuki Stasiun Perbatasan di Dong Dang pada Selasa (26/2/2019) pagi.

Kim datang dengan disambut hormat militer, seperti yang dilakukan saat menyambut kakeknya Kim Il Sung, lebih dari 50 tahun lalu.

Belasan tentara Vietnam berseragam putih hijau turut menyambut kedatangan pemimpin Korea Utara itu dan memberi hormat kepada Kim Jong Un saat keluar dari kereta dan berjalan di atas karpet merah.

Baca juga: Mengintip Kereta Api Pribadi Kim Jong Un

Kedatangan pemimpin Korea Utara, pertama kali dalam 55 tahun terakhir itu turut diiringi musik yang dimainkan oleh marching band Vietnam.

Ratusan warga Vietnam juga terlihat memadati halaman stasiun untuk menyambut tamu kehormatan sambil mengibarkan bendera Korea Utara dan Vietnam.

Dilansir SCMP, kereta lapis baja Kim telah menempuh perjalanan sejauh lebih dari 4.000 kilometer selama sekitar 65 jam dari Pyongyang, yang berangkat pada Sabtu (23/2/2019).

Kereta tersebut dilaporkan melalui rute Dandong, Tianjin, Wuhan, Hunan, Nanning, dan Pingxiang, di China yang berbatasan dengan Vietnam utara.

Setelah tiba di stasiun, pemimpin berusia 35 tahun itu langsung melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menggunakan mobil limusin anti-peluru menuju Hanoi, tempat diselenggarakannya pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump.

Sementara Presiden Trump diharapkan akan tiba di Hanoi menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, pada Selasa malam.

Pertemuan puncak kedua antara Presiden Trump dengan Kim Jong Un dijadwalkan dilangsungkan selama dua hari, yakni 27-28 Februari.

Menurut Gedung Putih, agenda pada hari Rabu adalah makan malam bersama dan baru dilanjutkan dengan pembicaraan utama pada keesokan harinya.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan pertama kedua pemimpin negara tahun lalu di Singapura yang menghasilkan kesepakatan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea, meski hingga kini belum ada perkembangan yang signifikan.

Baca juga: Jelang Kedatangan Kim Jong Un, Stasiun Kereta di Perbatasan Vietnam-China Ditutup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,SCMP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.