Kompas.com - 25/02/2019, 16:56 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Harapan akan adanya deklarasi pengakhiran Perang Korea bakal terjadi selama pertemuan puncak AS-Korea Utara di Vietnam kembali muncul.

Menyusul pernyataan dari Korea Selatan yang menilai kedua pemimpin, Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, bisa mencapai kesepakatan dalam pertemuan di Hanoi, 27-28 Februari mendatang.

"Saya meyakini bahwa ada kemungkinan yang terjadi di sana (Vietnam)," kata juru bicara Gedung Biru, Kim Eui-kyeom kepada wartawan, Senin (25/2/2019).

"Tidak ada yang tahu seperti apa deklarasi tersebut akan dilakukan, namun saya percaya AS dan Korea Utara mungkin akan mencapai kesepakatan," tambahnya, dikutip AFP.

Oktober tahun lalu, Presiden Korsel Moon Jae-in pernah mengatakan bahwa pernyataan berakhirnya perang oleh AS dan Korea Utara hanya masalah waktu.

Baca juga: Korut Tak Berharap Deklarasi Berakhirnya Perang Korea Jika ...

Dengan kata lain, Presiden Moon meyakini hal itu pasti akan terjadi, meski waktunya belum diketahui.

Perang Korea yang terjadi pada 1950 antara Korea Utara, yang didukung komunis China, dengan Selatan yang dibantu Amerika Serikat, berakhir dengan perjanjian gencatan senjata pada 1953, menjadikan kedua negara secara teknis masih berperang.

Kesepakatan damai bisa tercapai apabila ditandatangani oleh seluruh pihak yang terlibat, yakni dua Korea, bersama AS dan China.

Sinyal positif juga sempat disampaikan utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, yang mengatakan pada awal bulan ini, bahwa Trump siap untuk mengakhiri perang.

Tapi juru bicara Gedung Biru menambahkan, jika Trump dan Kim menyatakan berakhirnya Perang Korea, maka sebuah perjanjian perdamaian formal kemungkinan baru akan ditandatangani pada tahap akhir proses denuklirisasi, dan hal itu masih membutuhkan waktu untuk benar-benar terwujud.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.