Kompas.com - 25/02/2019, 15:09 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Otoritas Vietnam telah mulai mempersiapkan pengamanan dan sterilisasi tempat-tempat yang akan dilalui Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump pekan ini.

Salah satu yang mulai ditutup untuk umum adalah stasiun kereta di perbatasan Vietnam-China, di mana kereta lapis baja yang ditumpangi Kim dijadwalkan akan tiba pada Selasa (26/2/2019) dini hari.

Stasiun kereta di kota perbatasan Dong Dang telah mulai ditutup untuk publik dan dikelilingi oleh petugas bersenjata pada Senin (25/2/2019).

Seorang wartawan AFP di lokasi melihat pasukan bersenjata telah mulai disiagakan sejak Senin pagi, sementara para pekerja berjaga di sepanjang rel kereta.

Baca juga: Kim Jong Un Bakal Dikawal 100 Bodyguard selama Pertemuan di Vietnam

"(Stasiun) telah ditutup, tidak ada akses publik. Kami tidak tahu akan ditutup sampai kapan, mungkin sampai besok," kaya salah seorang penjaga di stasiun, kepada AFP.

Kereta lapis baja yang membawa Kim Jong Un beserta rombongan berangkat dari Pyongyang pada Sabtu (23/2/2019).

Namun rute yang ditempuh kereta lapis baja Kim Jong Un dari Pyongyang menuju Vietnam, sejauh hampir 4.000 kilometer yang ditempuh dalam waktu sekitar 60 jam itu sangat dirahasiakan.

Kereta berwarna hijau tua tersebut sempat dilaporkan terlihat di Stasiun Dandong, China, pada Sabtu malam. Namun diyakini kereta Korea Utara itu langsung melanjutkan perjalanan ke Vietnam.

Sebuah situs online berbahasa Mandarin milik Phoenix Television, Ifeng, mengunggah sebuah video ke akun Weibo, yang menunjukkan apa yang tampak seperti kereta khusus Kim Jong Un melintasi wilayah Wuhan di provinsi Hubei sekitar pukul 07.15 waktu setempat, pagi ini.

Dua sumber AFP mengatakan, Kim Jong Un akan menginap di Hotel Melia, sebuah hotel modern di pusat kota Hanoi, yang berjarak sekitar satu kilometer dari Wisma Pemerintah, tempat pertemuan puncak dengan Presiden Trump akan digelar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.