Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Bakal Dikawal 100 "Bodyguard" selama Pertemuan di Vietnam

Kompas.com - 25/02/2019, 13:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HANOI, KOMPAS.com - Tak hanya mendapat pengamanan maksimal dari otoritas Vietnam selaku tuan rumah, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan juga membawa serta sekitar 100 pengawal pribadinya ke Hanoi.

Dilansir North Korea News, puluhan pria berbadan tegak terlihat mendarat di Bandara Internasional Noi Bai di Hanoi menggunakan pesawat kargo Illyushin-76 milik maskapai Korea Utara Air Koryo pada Minggu (24/2/2019) pagi.

Para "bodyguard" itu tampak mengenakan kemeja putih dan jas hitam keluar dari pesawat bersama dengan sejumlah kotak paket berukuran cukup besar. Demikian ditampilkan dalam surat kabar Vietnam, Thanh Nien.

Baca juga: Media Korea Utara Rilis Foto Keberangkatan Kim Jong Un dari Pyongyang

Thanh Nien melaporkan telah menghitung sekitar 100 orang turun dari pesawat kargo, yang dalam salah satu foto tampak bersebelahan dengan sebuah mobil SUV hitam dan truk tangki.

Keberadaan para pengawal pribadi Kim Jong Un ini sudah pernah terlihat saat pertemuan puncak AS-Korut pertama di Singapura tahun lalu.

Saat itu, belasan pria berpakaian jas hitam yang seragam, tampak berlari di samping mobil Mercedes-Benz yang ditumpangi Kim.

Belum diketahui pasti apakah limusin milik Kim juga ikut diterbangkan ke Hanoi, karena dalam foto yang ditampilkan Thanh Nien tidak menunjukkan adanya kendaraan mewah tersebut.

Kemungkinan perlengkapan sang pemimpin Korea Utara lainnya dibawa menggunakan penerbangan lain dengan identitas yang dirahasiakan untuk alasan keamanan.

Data kedatangan pesawat Air Koryo Korea Utara pada Minggu (24/2/2019) kemarin juga tidak tercatat dalam situs pemantau Flight Radar 24.

Pesawat kargo tipe IL-76 buatan Uni Soviet dengan nomor ekor P-914 itu diketahui melalui NK Pro Aviation Tracker, dibangun pada 1990 dan mulai digunakan Air Koryo pada 1992.

Pesawat tersebut adalah pesawat yang sama dengan yang digunakan untuk menerbangkan limusin dan pengawal Kim Jong Un saat ke Singapura pada Juni tahun lalu.

Baca juga: Bertemu Kali Kedua dengan Kim Jong Un, Ini 4 Prioritas Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com