Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Usia 13 Tahun, Remaja AS Ini Klaim Ciptakan Reaktor Nuklir

Kompas.com - 23/02/2019, 17:21 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MEMPHIS, KOMPAS.com - Seorang remaja dari Amerika Serikat (AS) dilaporkan menjadi pakar termuda di dunia karena sukses menciptakan reaktor nuklir.

Jackson Oswalt yang berasal dari Memphis mengklaim berhasil membangun reaktor nuklir tersebut tatkala usianya masih menapak 13 tahun.

Kelompok Konsorsium Penelitian Open Source Fusor dikutip The Guardian Jumat (22/2/2019) mengakui prestasi Oswalt yang mendirikan reaktor itu pada Januari 2018.

Baca juga: Macron: Perancis akan Tutup 14 Reaktor Nuklir pada 2035

"Bagi kalian yang belum melihat unggahan saya, akan sangat mengejutkan ketika melihat fusi. Bahkan saya tak percaya," ucap Oswalt di situs Fusor.

Selama satu bulan, Oswalt mengatakan dia sudah membuat perkembangan yang luar biasa, dan menghasilkan sesuatu yang bernilai.

Remaja yang kini berumur 14 tahun itu membangun reaktor tersebut dari mesin penyedot, pompa, dengan pengerjaannya dilakukan di dalam kamar tidunya.

Dikutip London Evening Standard, Oswalt memulai proyek tersebut saat berumur 12 tahun dengan memperoleh informasi yang dia butuhkan dari internet.

Kreasi reaktor nuklir itu memungkinkan Oswalt menubrukkan atom secara paksa dan melepaskan sejumlah besar energi.

Kepada Fox News, dia menuturkan memulai proyek pembangunan dengan mempelajari apa saja yang sudah dilakukan penemu reaktor sebelumnya.

Berbekal dari pengalaman penemu itu, dia mulai mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan. Kebanyakan dia membeli melalui eBay.

Oswalt mengaku kadang mendapatkan suku cadang yang tak sesuai kebutuhannya. "Jadi saya harus memodifikasinya agar sesuai," terangnya.

Dia mengaku mendapatkan bantuan dari orangtuanya yang menyuntikkan dana hingga 10.000 dollar AS, atau sekitar Rp 140,4 juta.

Sang ayah, Chris Oswalt yang bekerja di sebuah perusahaan peralatan medis berkata, dia sama sekali tak tahu apa yang dikerjakan putranya.

Baca juga: Reaktor Plutonium Pertama hingga Pembuat Bom Atom, Ini 5 Fakta Hanford Site

Namun untuk memastikan putranya selamat, Chris selalu memberi tahu Oswalt tentang bahaya yang bakal didapatkannya dari proyek tersebut.

Tanpa bantuan dari buku apapun, Oswalt mencoba untuk belajar dari kesalahan yang dibuatnya, serta berdiskusi dengan fisikawan amatir di forum daring.

"Saya kira bakal ada ketidakpercayaan tentang apa yang dikerjakan Jackson hingga mereka menyaksikannya sendiri," ujar Chris kepada USA Today.

Para ilmuwan dilaporkan bakal sulit mengakui karya Oswalt sebelum diuji organisasi resmi, dan dipublikasikan di jurnal ilmiah.

Tetap saja, Jackson dianggap telah melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Taylor Wilson yang mendapatkan fusi di umur 14 tahun.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Luncurkan Proyek Pembangunan Riset Reaktor Nuklir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com