Kompas.com - 23/02/2019, 14:12 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid angkat bicara mengenai keputusannya untuk mencabut kewarganegaraan Shamima Begum.

Dia mengumumkan perintah pencabutan kewarganegaraan Shamima setelah bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada 2015.

Shamima terancam tanpa negara (stateless) karena Bangladesh, negara asal orangtuanya, cuci tangan dengan menyatakan dia bukan warga negara mereka.

Baca juga: Kami Pun Muak dengan Komentar yang Dibuat oleh Shamima

Dilansir The Sun via news.com.au Sabtu (23/2/2019), Javid mengaku pemerintahannya harus mengeluarkan keputusan sulit guna memastikan keamanan Inggris.

Dia memaparkan sangat sulit menuntut anggota ISIS karena tak ada bukti kuat mengenai apa saja perbuatan mereka selama di Timur Tengah.

Javid menyatakan tak tertutup kemungkinan para anggota ISIS yang kembali ke Inggris berpotensi untuk memengaruhi orang lain menjadi radikal.

"Kemudian mereka melakukan serangan ke masyarakat atau menghasut orang lain melakukannya. Bisa dibayangkan betapa berbahaya dan risiko yang ditanggung negara?" tanyanya.

Belum lagi dia harus mempertimbangkan perasaan warga lingkungan si anggota ISIS ketika pemerintah mengizinkan mereka kembali.

"Mereka adalah orang-orang yang memutuskan meninggalkan Inggris dan bergabung bersama kelompok teroris yang membenci negara ini beserta warganya," ujar Javid.

Mendagri berusia 49 tahun tersebut mengatakan belum membaca surat yang dikirimkan oleh kakak Shamima, Renu Begum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.