Kompas.com - 23/02/2019, 13:09 WIB


KOMPAS.com - Amelia Earhart tercatat dalam sejarah sebagai salah satu dunia penerbangan. Pilot perempuan ini menjadi orang pertama yang berhasil melakukan perjalanan dari Hawaii menuju daratan Amerika Serikat seorang diri.

Selain itu, Amelia Earhart juga menjadi pilot perempuan pertama yang melakukan terbang solo melintasi Samudra Atlantik.

Namun, pada misi selanjutnya pesawat yang dibawa Amelia Earhart hilang dan sampai sekarang tak bisa ditemukan keberadaannya.

Kisah orang hilang secara misterius masih banyak dijumpai hingga saat ini. Ada banyak faktor penyebabnya, dari pembunuhan hingga kecelakaan fatal.

Dilansir dari Britannica, ada enam kisah hilangnya sosok yang berpengaruh yang tercatat dalam sejarah:

1. Al-Hakim

Dia merupakan penguasa abad ke-10 hingga ke-11 dari Dinasti Fatimiyah. Gaya kepemimpinannya dianggap labil, tak menentu, serta mendapatkan respons negatif dari rakyatnya.

Dia memimpin selama 25 tahun dan mengeluarkan kebijakan yang dinilai aneh dan konservatif. Misalnya, perempuan dilarang keluar rumah hingga melarang pabrik sepatu membuat sepatu untuk perempuan.

Kemudian, perjalanan hidupnya dianggap misteri. Sebab, pada Februari 1021 Al-Hakim keluar dari Kairo dengan berkuda. Setelah saat itu tubuhnya tak bisa ditemukan dan dia tak pernah kembali lagi.

Baca juga: Menelusuri Jejak Kematian Amelia Earhart

2. Edward V

Dia merupakan putra Raja Edward IV dan Elizabeth Woodville yang lahir ketika ayahnya berada di Belanda. Ketika Edward IV kembali ke kerajaan, ia menamai Edward V sebagai Pangeran Wales.

Muncul pertikaian setelah kematian Edward IV, ketika paman dan saudaranya menyinggung permasalahan legitimasi pernikahan Raja dengan Elizabeth.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.