Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lempar Koin ke Pesawat demi Nasib Baik, Seorang Penumpang Ditangkap

Kompas.com - 22/02/2019, 19:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ANQING, KOMPAS.com - Seorang penumpang pesawat di Provinsi Anhui, China, ditangkap setelah dia dianggap sebagai pengganggu keamanan.

Maskapai Lucky Air 8L9960 di Bandara Anqing Tianzhushan dibatalkan penerbangannya pada pekan lalu setelah petugas menemukan dua koin 1 yuan dekat mesin sebelah kiri.

Xinan Evening News dikutip SCMP Jumat (22/2/2019) memberitakan, seorang penumpang bermarga Lu mengaku sebagai orang yang melemparkan koin itu.

Baca juga: Ibu Ini Beli Honda Scoopy Pakai Duit Koin Seberat 25 Kg

Dalam keterangan tertulisnya, Lucky Air menyatakan mereka kehilangan pendapatan hingga 140.000 yuan, atau sekitar Rp 292,8 juta, akibat pembatalan penerbangan itu.

"Perusahaan kami bersiap untuk menuntut penumpang yang menyebabkan pembatalan tersebut sesuai hukum yang berlaku," kata maskapai.

Kepada staf yang menahannya, pria berusia 28 tahun itu mengaku melemparkan koin ke pesawat untuk mendapatkan nasib baik selama perjalanan.

Teknisi menyatakan, jika koin itu sampai masuk ke mesin pesawat, maka turbin pemutar bakal rusak, dan berisiko terjadi kegagalan mesin.

"Insiden itu bisa menyebabkan malapetaka mematikan jika pesawat tengah berada di udara," ujar teknisi dalam laporannya.

Seluruh penumpang yang berjumlah 162 orang dilaporkan harus menunggu selama satu hari sebelum bisa terbang ke Provinsi Yunnan.

Insiden di Anqing itu menarik perhatian netizen di Weibo. "Dia tidak perlu menaiki pesawat itu. Dia sudah selamat," canda seorang warganet.

"Usianya masih muda. Apa dia tidak memahami keselamatan saat terbang? Atau jangan-jangan dia hanya ingin cari perhatian?" tanya netizen lainnya.

Peristiwa itu bukan kali pertama dialami Lucky Air. Pada 2017, maskapai itu juga pernah membatalkan penerbangan dari Anqing menuju Kunming.

Penyebabnya, seorang nenek berusia 76 tahun melemparkan koin supaya bisa diberikan nasib baik selama penerbangan.

Baca juga: Ketidakpastian Brexit Bikin Maskapai Bangkrut, Ratusan Penumpang Telantar

Nenek itu kemudian ditahan. Namun tidak dijelaskan apakah dia menerima dakwaan pidana karena perbuatannya tersebut.

Juga pada 2017, penerbangan China Southern Airlines harus ditangguhkan selama enam jam setelah penumpang lanjut usia melemparkan sembilan koin ke pesawat.

Salah satunya sempat masuk ke dalam mesin. Perempuan itu sempat ditangkap. Namun dilepaskan karena usianya tak memungkinkannya menjalani penuntutan.

"Melempar koin demi mendapat berkat punya sejarah panjang. Namun ada tempat yang Anda tak boleh melakukannya. Pesawat misalnya," ujar Lucky Air.

Baca juga: Harta Karun Koin dan Perhiasan Emas Berusia 900 Tahun Ditemukan di Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com