Kompas.com - 22/02/2019, 16:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan bakal bertemu dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di Vietnam pekan depan.

Seorang pejabat anonim AS menyatakan, pertemuan itu bakal mendalami "masa depan" yang bakal didapat Korut jika bersedia melaksanakan denuklirisasi.

Kepada CNN via London Evening Standard Kamis (21/2/2019), pejabat itu mengemukakan Trump bakal membawa empat prioritas utama saat bertemu Kim.

Baca juga: Jelang Bertemu Trump, Kim Jong Un Bersih-bersih Pemerintahannya

Keempat prioritas itu adalah memperkuat relasi AS dan Korut, mengukuhkan pemerintahan yang damai di seluruh Semenanjung Korea.

Kemudian melaksanakan denuklirisasi, serta yang terakhir adalah pemulangan tentara AS yang tewas ketika bertugas di Perang Korea.

Dikutip AFP lewat Channel News Asia, pejabat itu menjelaskan format pertemuan kedua ini bakal sama dengan yang pertama di Singapura pada Juni 2018 lalu.

"Kedua pemimpin berkesempatan untuk bertemu secara pribadi sebelum menggelar perundingan bersama masing-masing tim," papar pejabat itu.

Utusan Khusus AS untuk Korea Stephen Biegun dilaporkan telah tiba di Hanoi sebagai lokasi pertemuan, dan menghelat pembicaraan dengan utusan Korut Kim Hyok Chol.

Kritik berkembang karena dalam pertemuan pertama, Trump dianggap memberi kelonggaran terlalu banyak kepada pemimpin ketiga Korut itu.

Namun pejabat AS itu menegaskan pemerintahan Trump tetap fokus kepada denuklirisasi Korut, meski dia tidak yakin keputusan bakal dibuat dengan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.