Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Solo Pertama dari Inggris ke Australia

Kompas.com - 22/02/2019, 11:20 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat Orville Wright dan Wilbur Wright berhasil mengembangkan pesawat, masyarakat mulai melihat penemuan itu bisa mengubah masa depan transportasi.

Beberapa pihak menyatakan bahwa pesawat bisa membantu untuk sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan efisien ketimbang menggunakan kapal laut.

Ketika dunia aviasi mulai berkembang, banyak pihak yang menggunakan kecanggihan pesawat. Pihak militer menggunakan untuk menjaga kedaulatan negara, sedangkan sipil biasanya untuk kepentingan transportasi.

Ada satu pihak yang memanfaatkan pesawat untuk eksplorasi, pemetaan jalur penerbangan, hingga balapan untuk mencatatkan namanya dalam sejarah penerbangan.

Hari ini 91 tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Februari 1928 penerbangan solo pertama dari Inggris menuju Australia berhasil dilakukan.

Dilansir dari The Daily Telegraph, penerbangan ini dilakukan oleh pilot asal Inggris bernama Bert Hinkler menggunakan pesawat biplane avro kecil.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Pengiriman Surat Melalui Udara Pertama di Dunia

Selama 15 hari penerbangannya, Hinkler telah melewati beberapa negara. Keberhasilan penerbangan ini mencatatkan sejarah sebagai penerbangan solo terpanjang pada era itu dan mengalahkan penerbangan Smith Bersaudara, Ross dan Keith, yang terbang dari London ke Darwin.

Hinkler juga mendapatkan selamat dari Perdana Menteri Autralia atas pencapaiannya.

Pecahkan rekor

Perkembangan aviasi memang menarik banyak kalangan. Pesawat mendapat kepercayaan untuk bisa menjangkau wilayah yang sulit dan tak bisa dicapai orang sebelumnya.

Dilansir dari The Sidney Morning Herald, sebenarnya penerbangan dari Inggris ke Australia sudah dilakukan sebelumnya pada 1919. Ketika itu Smith bersaudara berhasil melakukan penerbangan selama hampir 28 hari.

Namun, Hinkler ingin mengubah catatan sejarah dengan melakukan penerbangan solo. Ia yakin mampu menghubungkan Inggris-Australia dengan pesawat biplane avro dalam misinya ini

Salah satu rute Hinkler The Sydney Morning Herald Salah satu rute Hinkler
Pria bernama lengkap Herbert John Louis Hinkler lahir pada 1892 di Bundaberg, Queensland, Australia. Hinkler merupakan anak seorang buruh migran dari Prusia.

Ketika remaja, dia mendengar Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawat buatannya. Inilah yang menjadi inspirasi Hinkler tertarik pada dunia aviasi.

Dia mulai tertarik dengan glider dan mengikuti kursus penerbangan. Ambisinya semakin kuat ketika dia melihat pilot Amerika Arthur Burr "Wizard" tiba dengan pesawatnya di Bundaberg pada 1912.

Mengetahui bahwa Eropa pada waktu itu merupakan pusat penerbangan, ia pergi ke Inggris pada 1914 dan mendapat pekerjaan di Sopwith Aviation untuk mendapatkan lisensi pilot.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com