Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MBS Janji Bakal Bebaskan 850 Warga India yang Ditahan di Arab Saudi

Kompas.com - 21/02/2019, 18:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman kembali menjanjikan bakal membebaskan warga asing yang ditahan di negaranya, usai kunjungan ke India.

Janji pembebasan narapidana asal India itu atas permintaan dari Perdana Menteri India, Narendra Modi. Demikian disampaikan juru bicara kementerian luar negeri India dalam twitnya, Rabu (20/2/2019).

"Atas permintaan PM Narendra Modi, Yang Mulia Pangeran Mahkota Arab Saudi telah memerintahkan pembebasan 850 narapidana India yang ditahan di penjara Saudi," tulis juru bicara kementerian tersebut.

Baca juga: Kunjungi Islamabad, MBS Bebaskan 2.107 Warga Pakistan yang Dipenjara di Saudi

Sekitar 2,7 juta warga India diketahui tinggal di Arab Saudi. Mereka membentuk komunitas ekspatriat terbesar di kerajaan tersebut.

Banyak warga India yang tinggal di Saudi bekerja di sektor-sektor pekerjaan bergaji rendah seperti konstruksi, pekerja rumah tangga, atau ritel.

Dilansir Al Arabiya yang mengutip Reuters, MBS tiba di India dalam rangka tur Asia pada Selasa (19/2/2019) malam.

Sebelumnya MBS telah mengawali rangkaian tur Asia dengan mengunjungi Pakistan pada Minggu (17/2/2019).

Di Pakistan, selain menandatangani sejumlah kesepakatan investasi, MBS juga menjanjikan pembebasan sejumlah tahanan asing di kerajaannya.

MBS bahkan menjanjikan kepada PM Pakistan Imran Khan untuk membebaskan lebih dari 2.100 warga Pakistan yang sedang menjalani hukuman penjara di Arab Saudi.

Sementara di New Delhi, Pangeran Mahkota Saudi mengharapkan dapat menandatangani peluang investasi senilai lebih dari 100 miliar dollar AS (Rp 1.400 triliun) di India untuk dua tahun ke depan.

Setelah dari India, MBS akan mengakhiri rangkaian tur Asia kali ini dengan mengunjungi China.

Sebelumnya MBS juga telah dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke Asia Tenggara dengan singgah di Indonesia dan Malaysia.

Namun rencana tersebut ditunda hingga batas waktu yang tidak disebutkan. Pihak Saudi juga tidak memberikan rincian alasan pembatalan kunjungan ke dua negara ASEAN itu.

Baca juga: Saat Berkunjung ke Pakistan, MBS Diberi Hadiah Pistol Berlapis Emas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com