Kewarganegaraan Inggris Shamima Bakal Dicabut, Sikap Warga di Kampung Halamannya Terbelah

Kompas.com - 21/02/2019, 12:23 WIB

BETHNAL GREEN, KOMPAS.com - Warga di Bethnal Green, kota di utara London kampung halaman Shamima Begum, terbelah menyusul kabar kewarganegaraan Shamima bakal dicabut.

Pada Selasa (19/2/2019), Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid menulis surat kepada keluarga Shamima bahwa dia telah memerintahkan pencabutan kewarganegaraan remaja itu.

Sebabnya, Shamima kabur dari Inggris dan bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada 2015 bersama kedua temannya.

Baca juga: Ada Harapan bagi Putra Shamima Mendapat Kewarganegaraan Inggris

Kementerian Dalam Negeri menyatakan Shamima bisa berupaya mendapatkan kewarganegaraan Bangladesh karena orangtuanya lahir di sana.

Namun, pemerintah Bangladesh juga menyatakan Shamima bukanlah warga negaranya, dan tidak akanm mengizinkan remaja 19 tahun itu masuk.

Abdur Rahman, seorang warga yang sudah tinggal di Bethnal Green selama 25 tahun menyesalkan sikap kementerian dalam negeri.

Kepada The Guardian Rabu (20/2/2019), Rahman menyatakan setiap orang mempunyai kesempatan kedua untuk menebus kesalahannya.

"Biarkan dia kembali dan membuktikan dirinya. Mungkin awalnya mereka tak menerima. Namun setelah beberapa tahun, mungkin bakal berubah," katanya.

Thomas Shuttleworth yang tinggal lima tahun lebih lama dari Rahman meyakini Javid membuat kesalahan ketika memerintahkan pencabutan itu.

Dalam pandangannya, Shamima masih muda dan dia adalah warga Inggris. Dia menuturkan Shamima masih bisa mengajukan banding di tingkat imigrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
100 HARI KELILING INDONESIA
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut China Selayan Yang Dikenal Berombak Ganas
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.