Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Saudi Pamer Investasi Rp 1.404 Triliun untuk India

Kompas.com - 21/02/2019, 08:37 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,Arab News

NEW DELHI, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, investasi negaranya di India akan mencapai 100 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.404 triliun selama dua tahun ke depan.

Investasi tersebut akan digelontorkan untuk berbagai bidang seperti penyulingan, petrokimia, infrastruktur, pertanian, manufaktur, dan sebagainya.

Diwartakan Arab News, pangeran yang kerap disapa MBS itu menyebutkan Saudi telah menginvestasikan 10 miliar dollar AS atau Rp 140,4 miliar di bidang teknologi.

Baca juga: PM India Langgar Protokol saat Sambut Kedatangan Putra Mahkota Saudi

"Kami berharap peluang yang kami kembangkan di India di berbagai bidang akan melebihi 100 miliar dollar AS selama dua tahun ke depan," ujarnya pada konferensi pers dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Rabu (20/2/2019).

"Kami ingin bekerja sama sebagai dua pemerintah untuk memastikan investasi dan mencapai hasil yang menguntungkan," imbuhnya.

Dalam kunjungan bersejarah di India itu, MBS menandatangani lima perjanjian dengan Modi mencakup investasi, pariwasata, perumahan, informasi, dan penyiaran.

Di samping itu, MBS berharap hubungan Kerajaan Saudi dan India akan berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja sesuai dengan target pada Visi 2030.

Pada kunjungan Modi sebelumnya ke Saudi pada 2016, nilai investasi telah mencapai 44 miliar di bidang penyulingan dan petrokimia.

Kini kedua negara berencana untuk memperluas kapasitas penyimpanan minyak di India. Saudi juga ingin menjadikan India sebagai pusat regional penting dalam mendistribusikan minyak dan produk turunannya.

"Sebagai tetangga yang menjamin memenuhi kebutuhan energi kita, Kerajaan menganggap India sebagai mitra terpenting," ucap Modi.

"Kami telah meningkatkan hubungan melalui kemitraan strategis," katanya.

Baca juga: Awali Tur Asia, MBS Sepakati Investasi Rp 282 Triliun dengan Pakistan

Sebelumnya, MBS juga menyaksikan penandatangan kesepakatan investasi dengan Pakistan senilai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 282,8 triliun di Pakistan, untuk mengawali turnya di Asia.

Setelah menemui Modi, dia akan menempuh perjalanan menuju ke China, dan berada di negara tersebut selama dua hari pada Kamis dan Jumat pekan ini.

Tur MBS ke Asia dibayangi oleh kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang memicu kritikan sengit terhadap putra Raja Salman itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com