Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat MBS Sempat Ditolak Mendarat di India Usai Mengunjungi Pakistan

Kompas.com - 20/02/2019, 20:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Kunjungan Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) ke India ternyata tidak berjalan selancar yang dikira.

Meski MBS disambut dan diterima langsung oleh Perdana Menteri Narendra Modi saat mendarat di pangkalan angkatan udara wilayah Palam, Selasa (19/2/2019), pesawat yang membawa pangeran mahkota Saudi sempat diminta kembali ke Riyadh.

Menurut laporan media India, pihak New Delhi keberatan dengan kedatangan rombongan Pangeran Mahkota Saudi yang datang langsung dari Pakistan.

Sebelum berkunjung ke India, MBS memang mengawali tur Asia dengan mengunjungi Pakistan, di mana dia bertemu dengan Perdana Menteri Imran Khan dan menandatangani kesepakatan investasi senilai 20 miliar dollar AS (Rp 282,8 triliun).

Baca juga: Awali Tur Asia, MBS Sepakati Investasi Rp 282 Triliun dengan Pakistan

Tiba di Islamabad pada Minggu (17/2/2019), MBS mengakhiri kunjungannya di Pakistan pada Senin (18/2/2019). Namun dia baru tiba di India pada Selasa (19/2/2019) malam.

Pesawat yang membawa MBS ternyata lebih dulu kembali ke Riyadh sebelum terbang ke India, sesuai dengan permintaan negara yang sedang bersitegang dengan Pakistan itu.

"New Delhi telah mengajukan keberatan atas kedatangan MBS yang ke India dari Pakistan," tulis kantor berita India, PTI, yang mengutip sumber-sumber yang mengetahui masalah ini.

"India menyampaikan kepada otoritas Saudi bahwa kunjungan ke New Delhi oleh pangeran mahkota segera setelah pemberhentiannya di Islamabad tidak bisa diterima," tulis surat kabar harian India, Mint, seperti dikutip The New Arab.

Ketegangan antara India dengan Pakistan dalam beberapa hari terakhir telah meningkat setelah terjadinya insiden berdarah di wilayah yang disengketakan di Kashmir.

Arab Saudi telah berjanji akan membantu mengurangi ketegangan yang terjadi di antara kedua negara tersebut. Alasan itu pula yang menjadikan MBS bersedia memenuhi permintaan untuk kembali ke Riyadh sebelum bertolak ke India.

"Tujuan kami adalah untuk mencoba mengurangi ketegangan antara kedua negara yang saling bertetangga dan untuk melihat apakah ada jalan ke depan untuk menyelesaikan perbedaan secara damai," kata Menteri untuk Urusan Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, dalam konferensi pers di Islamabad, Senin (18/2/2019).

Baca juga: PM India Langgar Protokol saat Sambut Kedatangan Putra Mahkota Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com