Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Desain Rumah Kontainer di Kampung Akuarium Artistik dan Membangun Ekosistem

Kompas.com - 20/02/2019, 18:41 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji desain rumah kontainer yang diusulkan warga Kampung Akuarium. Menurut Anies, desain itu menarik dan artistik.

"Desainnya bagus bukan hanya bagus karena artistik, tapi karena bagus membangun ekosistem kampung," kata Anies ditemui di DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Anies mengatakan ekosistem kampung yang dibangun bisa merawat interaksi warga. Selain itu, Kampung Akuarium juga berpotensi jadi destinasi wisata.

"Sebagai salah satu daerah wisata juga hidup, kegiatan perekonomian juga bergerak, itu rancangan yang menarik," ujar Anies.

Baca juga: Kepada Anies, Warga Kampung Akuarium Usulkan Desain Rumah Pakai Kontainer

Anies mengatakan desain hasil musyawarah warga itu bakal dibahas dan disesuaikan dengan tata ruang. DKI kemudian akan memutuskan apakah akan menerapkan desain itu.

Diberitakan sebelumnya, warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara, menyampaikan usulan desain rumah mereka kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (18/2/2019) sore.

Koordinator Community Action Plan Kampung Akuarium Dharma Diani menyatakan, konsep desain yang disampaikan tidak jauh berbeda. Hanya saja, material rumah yang diusulkan terbuat dari kontainer.

"Kalau kemarin kan kita bangunan pada umumnya menggunakan batako, kalau ini ada konsep baru dengan ada material kontainer bekas atau daur ulang, ini yang beda," kata Diani kepada wartawan, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Kampung Akuarium Dapat Jadi Objek Wisata jika Dibangun Pakai Kontainer

Diani menuturkan, usulan desain bangunan pakai kontainer itu didapat dari seorang arsitek yang telah meninjau kampung itu beberapa kali.

Diani melanjutkan, desain bangunan itu dapat dikolaborasikan konsep hasil CAP yang telah disepakati oleh warga sebelumnya.

"Ini sebenarnya desain yang masih kami ajukan, belum jadi desain yang resmi antara Pemprov dan kami deal seperti itu belum, baru mengajukan," kata Diani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com