Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2019, 18:57 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan untuk berkunjung ke Jepang selama tiga hari, mulai 26 Mei 2019.

Jika kunjungan itu terlaksana, Trump berpeluang menjadi tamu negara pertama yang akan bertemu dengan kaisar baru Jepang.

Putra Mahkota Naruhito (58) akan resmi menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito (85), yang akan turun takhta pada 30 April 2019 mendatang.

Akihito akan menjadi kaisar Jepang pertama yang turun takhta saat masih hidup sejak hampir 200 tahun sejarah negara kerajaan itu.

Sementara Naruhito dijadwalkan naik takhta menjadi kaisar sehari berselang, yakni pada 1 Mei. Demikian disampaikan sumber pemerintah Jepang diberitakan Kyodo News, Senin (18/2/2019).

Baca juga: Kaisar Akihito Rayakan Ulang Tahun Terakhir sebelum Turun Takhta

Menurut Kyodo, pemerintah Jepang sedang berusaha menunjukkan aliansinya dengan AS, dengan menjadikan Trump sebagai kepala negara asing pertama yang diundang untuk bertemu kaisar baru Jepang.

Tak hanya itu, jika rencana kunjungan itu terlaksana, maka Trump bisa mengunjungi Jepang dua kali dalam waktu kurang dari sebulan karena dia juga dijadwalkan hadir saat KTT G-20 di Osaka, pada akhir Juni.

Presiden AS terakhir kali melakukan kunjungan resmi ke Jepang pada November 2017 lalu. Ketika itu Trump dengan didampingi istrinya, Melania, melakukan kunjungan selama dua hari.

Dalam kesempatan Trump juga sempat bertemu dengan Kaisar Akihito di istana kekaisaran Jepang selama sekitar 30 menit.

Namun saat itu Trump datang bukan sebagai tamu kenegaraan dan hanya dalam rangka kunjungan resmi presiden, sehingga tidak sampai melakukan jamuan makan bersama.

Presiden AS yang terakhir kali melakukan jamuan makan bersama kaisar Jepang adalah Barack Obama saat melakukan kunjungan kenegaraan pada November 2009.

Baca juga: Berkunjung ke Jepang, Trump Bertemu Kaisar Akihito

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.