Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Bisa Jadi Tamu Negara Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Kompas.com - 19/02/2019, 18:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan untuk berkunjung ke Jepang selama tiga hari, mulai 26 Mei 2019.

Jika kunjungan itu terlaksana, Trump berpeluang menjadi tamu negara pertama yang akan bertemu dengan kaisar baru Jepang.

Putra Mahkota Naruhito (58) akan resmi menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito (85), yang akan turun takhta pada 30 April 2019 mendatang.

Akihito akan menjadi kaisar Jepang pertama yang turun takhta saat masih hidup sejak hampir 200 tahun sejarah negara kerajaan itu.

Sementara Naruhito dijadwalkan naik takhta menjadi kaisar sehari berselang, yakni pada 1 Mei. Demikian disampaikan sumber pemerintah Jepang diberitakan Kyodo News, Senin (18/2/2019).

Baca juga: Kaisar Akihito Rayakan Ulang Tahun Terakhir sebelum Turun Takhta

Menurut Kyodo, pemerintah Jepang sedang berusaha menunjukkan aliansinya dengan AS, dengan menjadikan Trump sebagai kepala negara asing pertama yang diundang untuk bertemu kaisar baru Jepang.

Tak hanya itu, jika rencana kunjungan itu terlaksana, maka Trump bisa mengunjungi Jepang dua kali dalam waktu kurang dari sebulan karena dia juga dijadwalkan hadir saat KTT G-20 di Osaka, pada akhir Juni.

Presiden AS terakhir kali melakukan kunjungan resmi ke Jepang pada November 2017 lalu. Ketika itu Trump dengan didampingi istrinya, Melania, melakukan kunjungan selama dua hari.

Dalam kesempatan Trump juga sempat bertemu dengan Kaisar Akihito di istana kekaisaran Jepang selama sekitar 30 menit.

Namun saat itu Trump datang bukan sebagai tamu kenegaraan dan hanya dalam rangka kunjungan resmi presiden, sehingga tidak sampai melakukan jamuan makan bersama.

Presiden AS yang terakhir kali melakukan jamuan makan bersama kaisar Jepang adalah Barack Obama saat melakukan kunjungan kenegaraan pada November 2009.

Baca juga: Berkunjung ke Jepang, Trump Bertemu Kaisar Akihito

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com