Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Umumkan Kepunahan Satu Spesies Hewan Pengerat

Kompas.com - 19/02/2019, 16:02 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

CANBERRA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia pada Selasa (19/2/2019) mengumumkan, hewan pengerat yang hidup di sekitar kawasan Great Barrier Reef (Karang Penghalang Besar) telah punah.

Pengumuman ini sekaligus membuat mamalia tersebut menjadi hewan pertama yang punah akibat perubahan iklim yang disebabkan manusia.

Hewan mirip tikus bernama Bramble Cay melomys, yang habitatnya hanya berada di sebuah pulau kecil berpasir di sisi utara Australia itu, sudah tak terlihat selama satu dekade terakhir.

Baca juga: Kukang Jawa dan Owa Jawa Kritis, Hampir Punah

Para peneliti dari negara bagian Queensland mengatakan, penyebab kepunahan hewan itu "hampir pasti" karena pulau habitat hewan tersebut berulang kali tergenang air laut.

Kondisi ini terus berlangsung selama satu dekade terakhir yang berujung pada kehancuran habitat hewan itu.

Kementerian Lingkungan Australia mengatakan, semua fakta ini membuat hewan tersebut secara resmi dimasukkan ke dalam daftar hewan yang sudah punah.

Sebenarnya pengumuman ini sudah bisa diduga. Sebab para ilmuwan sudah melakukan survey sejak 2014 untuk melacak spesies ini tetapi tak menemukan satu pun.

Melomys rubicola, yang dianggap sebagai satu-satunya spesies mamalia endemik Great Barrier Reef, pertama kali ditemukan pada 1845 yang menembaki "tikus besar" untuk bersenang-senang.

Baca juga: 70 Persen Primata Indonesia Terancam Punah akibat Perburuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com