Kompas.com - 19/02/2019, 12:59 WIB
|

GAZA CITY, KOMPAS.com - Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza mengklaim Israel mengirimkan sepatu yang dilengkapi mikrofon untuk memata-matai warga Gaza.

Hamas mengatakan, mereka menemukan "chip elektronik rahasia" yang dipasang di dalam sol sepatu dari Israel itu.

Masih menurut Hamas, sepatu yang sama kini sedang dipasarkan di Jalur Gaza. Jumlah sepatu-sepatu itu tidak diketahui.

Baca juga: Hamas Ajak Para Pendukungnya Sumbang Dana dalam Bentuk Bitcoin

Sementara itu, anggota kelompok Fatah mengatakan, mereka menghentikan pengiriman sepatu itu melalui pintu perbatasan Kerem Shalom di wisi selatan Gaza yang berbatasan langsung dengan Israel.

Mereka kemudian mengirimkan sepatu-sepatu itu kepada Hamas untuk diperiksa sebelum akhirnya ditemukan adanya alat perekam.

Sejumlah situs berita Palestina mengabarkan, Hamas menuding Israel berada di belakang pengiriman sepatu-sepatu itu untuk mencoba memata-matai anggota kelompok perlawanan Israel.

Khaled Abu Toameh, penulis di harian Jerusalem Post, mengunggah foto sepatu itu di akun Twitter-nya.

"Hamas: Israel mengirim kami sepatu yang dilengkapi perangkat pelacak elektronik untuk memata-matai kami," demikian tulis Khaled.

Sejauh ini belum diperoleh komentar resmi dari pemerintah Israel terkait masalah ini.

Baca juga: Qatar Hentikan Dana Bantuan untuk Bayar Gaji Pegawai Hamas di Gaza

Hamas mengendalikan sebagian besar arus keluar masuk barang dari Otorita Palestina ke Jalur Gaza pada Minggu (17/2/2019).

Hamas menguasai Jalur Gaza pada 2007 setelah nyaris terjadi perang saudara degan kelompok Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.