Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tembak Pelaku Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil di Wajo

Kompas.com - 18/02/2019, 20:01 WIB
Amran Amir,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.com - Pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil, Aris Munandar (26) diamankan kepolisian Polres Luwu, Sulawesi Selatan, di rumahnya di Desa Batu, Kecamatan Pitumpanua. Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (18 /2/2019) pukul 02.00 Wita,

Kasat Reserse Kriminal Polres Luwu AKP Faisal Syam mengatakan, Aris mencuri barang milik korban dengan cara memecahkah kaca jendela mobil korban.

Polisi menembak kaki pelaku setelah berupaya melarikan diri dengan melompat dari atas mobil petugas saat dalam perjalanan ke Mapolres Luwu.

“Setelah diberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali, pelaku dilumpuhkan dengan timah panas yang kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” ujar Faisal saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Senin.

Baca juga: Kehabisan Bensin Saat Cari Kerja, Pria Ini Nekat Curi Kotak Amal

Aris merupakan pelaku pencurian yang beraksi di dua lokasi di Luwu. Aris beraksi bersama dua rekannya yang telah masuk dalam daftar pencarian orang yaitu Guntur dan Talil.

Para pelaku mencuri uang hingga ratusan juta rupiah pada Oktober tahun 2018 dan terakhir pada 15 Februari 2019.

Pada Oktober 2018, para pelaku mengikuti korbannya yang baru saja keluar dari salah satu bank setelah mencairkan uang.

“Ada dua kasus yang dilakukan oleh pelaku yakni pada Oktober 2018. Aris bersama rekannya Guntur dan Talil yang kini menjadi DPO, mencuri uang sejumlah Rp 165 juta dari dalam mobil milik seorang korban yang baru saja melakukan penarikan tunai di BRI unit Belopa,' ujar Faisal.

Baca juga: Pura-pura Pesan Susu, Wanita Ini Kepergok Curi 12 Slop Rokok

Kasus kedua yang terjadi pada Minggu pekan lalu dimana para pelaku menggasak uang tunai dengan cara memecahkan kaca mobil yang dikendarai oleh korban Junaidi Abdullah sebesar Rp 67 juta.

Uang tersebut merupakan uang tagihan milik perusahaan tempat korban bekerja.

“Guntur yang sementara dalam pengejaran kami, berperan sebagai eksekutor pemecah kaca mobil sekaligus dia juga yang mengambil uang tersebut,” ucap Faisal.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor, jaket lengkap dengan sepatu yang digunakan oleh pelaku pada saat melakukan aksinya.

Pelaku kini diamankan di Mapolres Luwu untuk menjalani pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com