Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anwar Ibrahim Bantah Adanya Upaya Menggulingkan Mahathir

Kompas.com - 18/02/2019, 18:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Tokoh politik Malaysia Anwar Ibrahim membantah adanya upaya untuk menggulingkan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Berbicara seusai mengisi di Universitas Selangor, Anwar menyebut klaim yang dihembuskan Partai Islam Malaysia (PAS) adalah bohong.

Baca juga: Politisi Malaysia Sebut Ada Upaya Pengkhianatan terhadap Mahathir

Diberitakan Straits Times Senin (18/2/2019), Anwar curiga PAS hanya ingin menutupi kehebohan 90 juta ringgit, sekitar Rp 311,3 miliar, yang konon diterima dari UMNO.

Politisi yang juga Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) itu menyebut telah berbicara dengan koalisi Pakatan Harapan yang lain, dan semuanya tak ingin berkomentar.

"Tidak ada yang berniat mengomentari karena itu bukan isu penting. PAS hanya ingin mengalihkan fokus terkait uang yang mereka terima dari 1MDB," tegas Anwar.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PAS Takiyuddin Hassan menuturkan Mahathir sudah merasa ada yang bakal mengkhianati dirinya.

Berbicara kepada awak media Minggu (17/2/2019), Takiyuddin berkata Mahathir beranggapan ada yang bakal menjatuhkan mosi tidak percaya untuk menjatuhkannya.

Takiyuddin menyatakan pihak yang merencanakan pengkhianatan itu berasal dari dua partai komponen Pakatan tanpa menyebutkan siapa mereka.

Aliansi Pakatan ditopang oleh empat partai. Selain PKR, terdapat Partai Aksi Demokratik (DAP), kemudian Partai Amanah Negara.

Dan terakhir Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) yang dipimpin langsung oleh Dr M, julukan Mahathir. Takiyuddin berujar, PAS mendeklarasikan dukungan kepada sang PM.

Bahkan, sudah ada surat yang ditandatangani antara Mahathir dengan Presiden PAS Abdul Hadi Awang kala bertemu pekan lalu.

Pernyataan Takiyuddin diperkuat keterangan seorang aktivis sosial bernama Mujahidin Zulkiffli bahwa isu tentang pemakzulan itu sudah bergaung sejak beberapa pekan lalu.

Baca juga: Anwar Ibrahim Berharap Geser Mahathir Jadi PM Malaysia dalam 2 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com