Kompas.com - 18/02/2019, 15:09 WIB

BAGHOUZ, KOMPAS.com - Awalnya, dia adalah penghasut terkemuka Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dan menyerukan di media sosial agar darah orang Amerika Serikat (AS) tertumpah.

Kini, perempuan bernama Hoda Muthana merasa menyesal telah berkecimpung bersama ISIS, dan memohon agar diizinkan pulang ke AS.

Hoda membeberkan penyesalannya itu dalam wawancara dengan The Guardian dari kamp pengungsi al-Hawl yang berlokasi di utara Suriah.

Baca juga: Rusia Terima Kembali Anak-anak Anggota ISIS

Dilansir Minggu (17/2/2019), Hoda mengatakan dia sudah salah memahami imannya. Dia dan teman-temannya mengira sudah menjalankan Islam ketika menyelaraskan diri dengan ISIS.

"Pada dasarnya, kami berada dalam masa ketidaktahuan. Saya mengira sudah menjalankan perbuatan yang benar di jalan Tuhan," ujar dia.

Hoda yang dikaruniai putra berusia 18 bulan itu merupakan satu-satunya warga AS di kamp berisi 1.500 perempuan dan anak-anak anggota asing ISIS.

Dia memulai kisahnya dengan menjelaskan dia merencanakan gabung dengan ISIS tanpa sepengetahuan keluarganya. Dia kabur ke Turki pada November 2014.

Dia bermukim Raqqa yang merupakan salah satu dari dua ibu kota kekhalifahan ISIS. Di sana, dia menikah dengan anggota asal Australia bernama Suhan Rahman.

Suaminya itu terbunuh di Kobani. Dengan marah, Hoda menulis kicauan di Twitter berisi seruan agar darah orang Amerika ditumpahkan.

"Bangunlah pria dan perempuan semuanya! Kalian sudah cukup lama hidup di bayang musuh terbesar kita. Bunuh mereka," ujar Hoda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.