Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Pemotor Tanpa Helm, Polantas di India Ini Pakai Cermin sebagai "Senjata"

Kompas.com - 16/02/2019, 21:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Jalanan di India menjadi salah satu jalanan yang paling mematikan di dunia dengan banyaknya angka kecelakaan yang menelan korban jiwa.

Tingginya angka korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas di India tidak lepas dari sikap para pengendara dan pengguna jalan yang kerap tak mematuhi peraturan berlalu lintas, salah satunya dengan tidak mengenakan helm.

Kondisi ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Sandeep Shahi, seorang polisi lalu lintas yang sehari-harinya bertugas di New Delhi.

Shahi mengaku kerap memberikan helm kepada para pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan pelindung kepala di tengah lalu lintas yang padat dan berbahaya.

Namun belakangan, Shahi menemukan cara yang lebih efektif untuk memperingatkan para pemotor tak berhelm tersebut, yakni dengan menggunakan cermin.

Baca juga: Salju Longsor di India Kashmir, 10 Orang Dilaporkan Hilang

Kini, Shahi akan selalu membawa sebuah cermin saat bertugas di persimpangan jalan yang ramai.

Ketika lampu merah menyala dan dia menemukan ada pengendara motor yang tidak mengenakan helm, maka dia akan mendekati mereka, mengangkat cermin di depan dadanya, hingga wajah si pengendara motor terpantul jelas di cermin.

"Selama empat tahun terakhir, saya telah mencoba membujuk pengendara untuk mau mengenakan helm, tetapi tidak berhasil," kata Shahi kepada AFP, Jumat (15/2/2019).

"Lalu suatu hari saat saya berboncengan dengan teman saya naik sepeda, saya melihat diri saya di cermin tanpa helm dan saya merasa malu."

Baca juga: NASA: China dan India Sukses Bikin Bumi Makin Hijau

"Saat itulah terlintas di benak saya, jika saya membuat orang lain melihat diri mereka di cermin, mungkin mereka akan merasa malu dan mulai mengenakan helm. Karena cermin tidak pernah berbohong," ujarnya.

Shahi mengaku, triknya tersebut cukup berhasil untuk menyadarkan para pemotor tanpa helm, karena beberapa pengendara akan langsung meminta maaf dan berjanji tidak akan lagi mengendarai motor tanpa helm.

"Saya juga membawa tulisan tentang peraturan keselamatan jalan yang saya perlihatkan kepada para pengguna jalan."

"Saya senang bahwa cermin yang sederhana ini efektif mencegah pelanggaran," ujarnya.

Undang-Undang di India mengamanatkan para pengendara sepeda motor untuk mengenakan helm dengan benar.

Pelanggar peraturan lalu lintas ini dapat diancam dengan sanksi denda hingga 1.000 rupee (Rp 197.000). Meski demikian masih banyak pengguna jalan yang mengabaikannya.

Di jalanan di New Delhi adalah pemandangan biasa melihat mengemudi kendaraan yang mengebut atau bahkan dalam keadaan mabuk.

Data kepolisian lalu lintas di India, angka kematian di jalan raya negara itu mencapai lebih dari 100.000 jiwa per tahun.

Baca juga: Di India, Jalan Raya Lebih Mematikan daripada Teroris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com