Kompas.com - 16/02/2019, 08:11 WIB

AURORA, KOMPAS.com - Insiden penembakan yang menelan korban jiwa kembali terjadi di AS, setelah seorang bersenjata melepaskan tembakan di sebuah kawasan perindustrian di Kota Aurora, Illinois, Jumat (15/2/2019).

Dilansir AFP, polisi mengatakan, setidaknya lima orang telah dilaporkan tewas akibat insiden, sementara beberapa petugas polisi mengalami luka-luka.

"Untuk saat ini, kami mengkonfirmasi bahwa lima orang telah meninggal," ujar Kepala Kepolisian Aurora, Kristen Ziman, kepada AFP.

Empat petugas polisi yang terluka, termasuk dua orang yang pertama kali tiba di lokasi penembakan, telah dirawat di rumah sakit dan saat ini dalam kondisi stabil.

Baca juga: Penembakan di Bank Florida, Pelaku Telepon Polisi Usai Tewaskan 5 Orang

Pelaku penembakan, yang diidentifikasi sebagai Gary Martin (45), ditembak mati oleh petugas. Dia diyakini adalah karyawan yang bekerja di pabrik tempat insiden penembakan terjadi.

Polisi masih mendalami kasus ini untuk mengetahui motif penembakan.

Keterangan saksi mata menyatakan, orang-orang langsung berusaha menyelamatkan diri dengan mengunci diri di dalam gedung-gedung terdekat, setelah pelaku, yang disebut adalah pria berusia 30-an hingga 40-an tahun, mulai melepaskan tembakan.

Rekaman udara yang disiarkan televisi memperlihatkan lusinan mobil polisi, ambulans, dan truk pemadam kebakaran telah berada di lokasi saat aparat keamanan bersama FBI mulai memasuki kompleks pabrik.

Seorang saksi mata, John Probst, yang mampu menyelamatkan diri dan keluar dari lokasi penembakan, mengaku mengenali pelaku penembakan sebagai salah satu rekan kerjanya.

"Saya melihat seorang pria berlari di lorong dengan pistol berlaser. Kami hanya merasa ketakutan," ujarnya kepada televisi lokal.

Juru bicara kota Aurora, Clayton Muhammad menyampaikan, situasi penembakan dapat teratasi setelah kurang dari dua jam.

"Ancaman langsung terhadap msyarakat telah dinetralkan. Para petugas yang terluka sudah dalam kondisi stabil," ujarnya.

Baca juga: Penembakan di Bar Meksiko, Tujuh Orang Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.