Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bangladesh Gagalkan Penyelundupan 43 Pengungsi Rohingya ke Malaysia

Kompas.com - 14/02/2019, 20:03 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DHAKA, KOMPAS.com - Kepolisian Bangladesh telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 43 pengungsi Rohingya ke Malaysia melalui jalur laut.

Para pengungsi Rohingya yang akan diselundupkan, sebagian besar perempuan, mengaku jika diri mereka telah diculik oleh para penyelundup.

Polisi, yang bertindak berdasarkan informasi yang mereka terima, mendapati para pengungsi tersebut di dua lokasi terpisah di distrik perbatasan tenggara, Cox's Bazar.

Polisi menyebut dalam waktu kurang dari sepekan, mereka telah menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak total lebih dari 100 pengungsi Rohingya.

Baca juga: Angelina Jolie Sebut Krisis Rohingya sebagai Kegagalan Dunia

Batalion Reaksi Cepat (RAB), unit kepolisian elit, mengatakan mereka telah menyelamatkan 12 perempuan, sebagian besar berusia 20-an tahun, dari sebuah kamar di Cox's Bazar, pada Kamis (14/2/2019) pagi dan menahan dua terduga penyelundup yang disebut telah menculik para perempuan tersebut.

"Para perempuan muda dari kamp pengungsi telah dibujuk oleh para penyelundup. Mereka dijanjikan akan dikirim ke Malaysia."

"Mereka kemudian dibawa ke Cox's Bazar dan disembunyikan di dalam sebuah rumah," kata juru bicara RAB, Mashkur Rahman, kepada AFP.

Ditambahkan Rahman, kasus 12 perempuan itu kemudian dianggap sebagai penculikan setelah para korban mengklaim telah dikurung tanpa persetujuan.

Dikhawatirkan, para pengungsi itu akan dieksploitasi organisasi penyelundup manusia internasional yang sebelumnya telah mengirim ribuan Rohingya ke Malaysia.

Hingga Bangladesh pada 2015 melancarkan tindakan keras menyusul penemuan kuburan massal pengungsi di Thailand.

Sebelumnya pada Rabu (13/2/2019) malam, kepolisian Cox's Bazar kembali menyelamatkan 31 pengungsi Rohingya di pulau selatan Maheshkhali, sekitar 110 kilometer dari kamp pengungsi Kutupalong.

Kepala polisi Provash Chandra mengatakan, para pengungsi Rohingya yang diselamatkan terdiri dari 14 perempuan, 11 laki-laki, dan enam anak-anak.

Mereka ditemukan saat bersembunyi di dalam hutan sambil menunggu kapal yang akan membawa mereka ke Malaysia.

"Para pengungsi Rohingya ini mengaku membayar sebesar 20.000 taka (sekitar Rp 3 juta) masing-masing untuk perjalanan itu," kata Chandra.

Ditambahkannya, seorang perempuan yang diduga penyelundup telah ditahan.

Baca juga: Tiba di Bangladesh, Angelina Jolie Kunjungi Pengungsi Rohingya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com