Petugas Polisi di Wilayah di China Ini Dilarang Minum Alkohol - Kompas.com

Petugas Polisi di Wilayah di China Ini Dilarang Minum Alkohol

Kompas.com - 14/02/2019, 18:53 WIB
Ilustrasi petugas polisi China.SHUTTERSTOCK Ilustrasi petugas polisi China.

NINGXIA, KOMPAS.com - Pemerintahan daerah otonom di China barat laut, Ningxia Hui, mengeluarkan aturan yang melarang seluruh anggota polisinya mengkonsumsi alkohol dalam kondisi apa pun.

Perintah larangan mengkonsumsi alkohol untuk anggota keamanan publik Ningxia itu diterbitkan beberapa hari lalu dan telah diunggah melalui akun resmi Weibo sejumlah kantor polisi di wilayah itu.

Dilansir SCMP, Kamis (14/2/2019), perintah larangan itu berlaku dalam keadaan apa pun, baik saat polisi sedang bertugas maupun tidak.

Setiap anggota polisi yang kedapatan mengkonsumsi alkohol, baik mereka seorang perwira maupun anggota polisi tambahan, maka akan diselidiki dan ditangani secara ketat seusai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Bertelanjang Dada, Polisi China Latihan di Suhu Minus 30 Derajat Celsius

"Perintah larangan ini tidak hanya melarang kami untuk minum alkohol selama periode Tahun Baru Imlek, tetapi tidak memiliki batas waktu yang pasti."

"Sekarang sepertinya akan diberlakukan dalam jangka panjang," kata seorang petugas polisi tambahan di Ningxia, yang tidak ingin diungkapkan identitasnya, kepada Thepaper.cn.

Petugas lainnya, dari satuan lalu lintas Ningxia, mengkonfirmasi kepada Thepaper.cn bahwa dirinya telah menerima pemberitahuan tentang larangan konsumsi alkohol itu sejak 3 Februari lalu.

Departemen Kepolisian Lalu Lintas Yinchuan, melalui akun resmi WeChat, pada Selasa (12/2/2019), telah mengumumkan kebijakan baru yang akan diterapkan secara ketat dan tanpa toleransi itu.

Sementara itu, kepala polisi lalu lintas Yinchuan, Kang Jun mengatakan, departemennya akan menumbuhkan minat dan hobi yang lebih bermakna di antara staf.

"Kami akan menghilangkan budaya minum-minum di meja," ujatnya, seperti dikutip SCMP.

Daerah otonom Ningxia Hui merupakan kawasan dengan penduduk Muslim terbesar di China yang mencapai 34 persen dari populasi. Meski demikian perintah larangan itu ditegaskan tidak berkaitan dengan praktik keagamaan.

Kantor berita negara, Xinhua, dalam laporannya pada 2017 menuliskan bahwa larangan alkohol lokal untuk pegawai pemerintah selama bertugas telah dilaksanakan di berbagai provinsi dan wilayah, termasuk Guizhou, Heilongjiang, Jilin, Zhejiang, Anhui, Jiangsu, dan wilayah otonom Xinjiang Uygur.

Baca juga: Polisi China Tangkap Pria Berpakaian Nazi di Taman Pahlawan



Close Ads X