Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Diculik dari Kebun Binatang, Seekor Monyet Langka Ditemukan Selamat

Kompas.com - 14/02/2019, 15:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber UPI,WPBF News

PALM BEACH, KOMPAS.com — Seekor monyet langka jenis Goeldi yang berukuran mini ditemukan dalam kondisi selamat setelah sempat hilang, diduga dicuri, pada Senin (11/2/2019) dini hari.

Monyet berbulu hitam yang diberi nama Kali itu merupakan koleksi Kebun Binatang Palm Beach, Florida.

Detektif dari Departemen Polisi Palm Beach telah memulangkan monyet berusia 12 tahun itu ke kebun binatang pada Rabu (13/2/2019) sebelum tengah malam.

"Kami sangat berterima kasih kepada detektif dan petugas polisi yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan kasus ini," kata Kepala Kebun Binatang Palm Beach Margo McKnight, dilansir WPBF News.

Baca juga: Dianggap Lecehkan Seekor Monyet, Perempuan Mesir Dipenjara Tiga Tahun

Polisi belum merilis informasi mengenai ditemukannya monyet tersebut, termasuk tersangka pelaku pencurian, ataupun lokasi ditemukannya monyet langka itu.

Kali diketahui hilang dari kandangnya pada Senin (11/2/2019). Petugas kebun binatang kemudian memeriksa rekaman kamera pengawas dan menemukan ada seseorang yang memasuki kandang monyet Goeldi itu pada dini hari.

"Staf kami menemukan kait pada kandang Kali terbuka. Kami segera memeriksa kandang di seluruh kebun binatang sebelum menentukan ini adalah insiden yang terisolasi," kata McKnight.

Pihak kebun binatang mengatakan, monyet itu meski terlihat sehat, sedang mengalami peradangan dan membutuhkan obat-obatan secara rutin.

Pihak kebun binatang khawatir nyawa monyet tersebut akan terancam jika tidak segera ditemukan sehingga mereka bersedia memberi hadiah uang hingga 6.000 dollar AS (sekitar Rp 84 juta) kepada pihak yang memiliki informasi yang dapat membantu menemukan kembali Kali.

Juru bicara kebun binatang, Naki Carter, mengatakan kepada WPBF News, bahwa Kali dicuri kemungkinan karena harga jualnya yang mahal di pasar gelap.

Monyet langka yang berukuran sangat kecil dan berat kurang dari 1 kilogram tersebut banyak dicari untuk dijadikan hewan peliharaan.

Baca juga: Bunuh dan Santap Monyet Langka, Enam Pria Vietnam Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI,WPBF News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com