Kompas.com - 14/02/2019, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Kapal selam pertama dikembangkan oleh penemu Inggris bernama William Bourne pada 1578. Namun, penggunaan secara fungsional baru dilakukan oleh Cornelis Drebbel, seorang warga Belanda, pada 1620.

Banyak catatan sejarah yang menuliskan bahwa pengembangan awal kapal selam digunakan untuk kepentingan militer. Benda ini dibuat untuk membantu angkatan laut dalam hal pertahanan.

Kapal selam menggunakan tenaga yang beraneka macam, dari elektrik, diesel, hingga tenaga nuklir yang lebih bertenaga dan hemat.

Pada awalnya era kapal selam modern ditandai dengan penggunaan mesin diesel. Ketika itu, diesel dikembangkan untuk menambah daya jelajah kapal selam.

Hari ini 107 tahun yang lalu, tepatnya 14 Februari 1912, kapal selam tenaga diesel pertama mulai beroperasi. Ketika itu Amerika Serikat (AS) berhasil mengembangkan teknologi diesel yang diterapkan pada kapal selam.

Teknologi yang dilakukan AS memperlihatkan kepada dunia bahwa diesel mampu digunakan di bawah laut. Hasilnya adalah memiliki jelajah yang lebih luas dari sebelumnya.

Baca juga: 21 Januari 1954, Kapal Selam Nuklir Pertama Dunia Mulai Beroperasi

Diadopsi dari kapal lain

Sebelumnya, kapal ini bernama Skipjack yang merupakan kapal selam AS kelas E. Kapal ini pertama meluncur pada 27 Mei 1911.

Skipjack dibuat di perusahaan pembuatan kapal, Fore River, di Quincy, Massachusetts. Perusahaan itu di bawah subkontrak dari Electric Boat Company.

Setelah peluncurannya, Skipjack melayani Angkatan Laut AS dan membantunya dalam penjagaan wilayah perairan, terutama perbatasan. Selain itu, Skipjack digunakan untuk pertahanan pesisir dan pelabuhan sebelum Perang Dunia I.

Pada 17 Oktober 1911, Kapal ini diubah namanya menjadi USS E-1. Selain diganti namanya, kapal ini juga dibubuhkan diesel untuk menunjang jelajah aksesnya. Perubahan dan renovasi kapal ini disponsori oleh Battles.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.