Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 14/02/2019, 14:19 WIB
|

PARIS, KOMPAS.com — Perusahaan dirgantara raksasa Eropa, Airbus, Kamis (14/2/2019), memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat A380 Superjumbo.

Pesawat double-decker ini amat disukai penumpang, tetapi tak mampu membuat banyak maskapai membelinya untuk menutup biaya produksinya yang besar.

Perusahaan itu mengatakan akan menghentikan pengiriman A380 pada 2021 setelah maskapai penerbangan Emirates mengurangi pesanan sebanyak 39 unit.

Baca juga: Emirates Pesan 36 Buah A380, Airbus Bisa Bernapas Lega

"Menyusul evaluasi operasional, dan dalam perkembangan pesawat dan teknologi mesin, Emirates mengurangi pesanan A380 dari 162 menjadi 123 unit," demikian pernyataan resmi Airbus.

"Sebagai konsekuensinya dan minimnya pesanan dari maskapai lain, Airbus akan menghentikan pengiriman A380 pada 2021," demikian pernyataan tersebut.

Airbus selama beberapa tahun terakhir terpaksa memperlambat produksinya dan pada Januari 2018 perusahaan itu menegaskan program A380 jika tak ada pesanan baru yang masuk.

Pesanan dalam jumlah besar dari Emirates sempat memberikan harapan bagi perusahaan ini. Namun, bulan lalu Airbus mengakui harus mempertimbangkan masa depan A380.

Dalam pernyataannya, Airbus akan mengirim 14 unit A380 terakhir untuk Emirates dalam waktu dua tahun.

Baca juga: Jika Emirates Berhenti Membeli, Airbus Hentikan Produksi A380

Perusahaan itu menambahkan, sebagai gantinya Emirates memesan 70 pesawat berukuran lebih kecil.

"Akibat Emirates mengurangi pesanan A380, Airbus tak memiliki jaminan dan basis produksi berkelanjutan meski kami sudah mencoba dengan maskapai lain dalam beberapa tahun terakhir," kata CEO Airbus Tom Enders.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke