Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Putra Mahkota Saudi Bakal Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 14/02/2019, 13:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dilaporkan bakal mengunjungi Indonesia pada pekan depan.

Diwartakan AFP Kamis (14/2/2019), kunjungan itu merupakan bagian dari tur Asia MBS yang juga meliputi Pakistan, India, dan Malaysia.

Baca juga: Kepada Ajudannya, MBS Berkata Ingin Gunakan Peluru kepada Khashoggi

Putra mahkota berusia 33 tahun itu dijadwalkan bakal mengunjungi Indonesia selama dua hari, dengan Jakarta tidak memberikan rincian kunjungannya.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo mengatakan, MBS bakal sampai di Jakarta pada Senin (18/2/2019).

"Kemudian pada Selasa (19/2/2019), beliau bakal bertemu dengan Presiden Joko Widodo," terang mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Putra mahkota yang menjabat pada 2017 itu sebelumnya bakal Pakistan dan Malaysia. Setelah dari Indonesia, MBS bakal bertolak menuju India.

Terakhir kali MBS mengunjungi adalah pada 2017 bersama ayahnya Raja Salman sebagai bagian dari upaya mendapat kesempatan investasi.

Pada saat itu, Jakarta dan Riyadh menandatangani kesepakatan antara lain pembiayaan proyek pembangunan terkait infrastruktur hingga perdagangan.

Kemudian kerja sama di sektor minyak dan gas antara Pertamina dengan perusahaan Saudi Aramco yang mencapai Rp 80 triliun.

Kunjungan pekan depan itu terjadi di tengah sorotan internasional yang diterima MBS atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) menyimpulkan pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober 2018 itu diperintahkan langsung oleh MBS.

Namun, Gedung Putih memutuskan menolak kesimpulan tersebut dan tak menudingkan jarinya kepada Riyadh.

Baca juga: Senator AS: Hubungan AS-Saudi Tak Berkembang hingga MBS Ditangani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com