Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Valentine, Ini Peringatan Hari Kasih Sayang di Berbagai Negara

Kompas.com - 14/02/2019, 11:23 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Valentine identik dengan kasih sayang, saat banyak orang memberikan hadiah spesial kepada kesayangan. Momen yang bertepatan dengan 14 Februari ini erat kaitannya dengan hal-hal romantis.

Beberapa toko menjual aneka macam barang romantis menjelang Valentine, mulai dari permen berbentuk hati, cokelat, boneka hingga diskon spesial. Sampai saat ini masih banyak orang yang melakukan tradisi ini.

Bukan hanya memberikan hadiah spesial kepada kekasihnya saja, melainkan juga diberikan kepada saudara, teman, hingga keluarga dekatnya.

Tak hanya Hari Valentine saja yang identik dengan kasih sayang, ada beberapa tradisi di beberapa negara yang serupa. Berikut ulasannya:

1. Rumania (Dragobete)

Dragobete merupakan dewa cinta yang dikenal ketika liburan pada perayaan musim semi.

Menurut salah satu dongeng, saat perayaan itu anak laki-laki dan perempuan akan menghabiskan hari di hutan mengumpulkan bunga. Kemudian, gadis-gadis itu berlari pulang saat matahari terbenam.

Anak laki-laki akan mengejar gadis yang mereka sukai. Jika anak laki-laki bisa "menangkap" sang kekasih, maka mereka akan mengumumkan pertunangan.

Namun, tradisi itu sudah lama tak diterapkan di Rumania. Hari kasih sayang di Rumania dirayakan pada 24 Februari untuk memperingati peristiwa tersebut.

Baca juga: 5 Ide Kado Valentine untuk Orang Terkasih...

2. Slovenia (St George Day)

Pada 14 Februari di Slovenia dikenal sebagai hari pertama berladang. Santo Valentine atau Zdravko adalah salah satu santo pelindung mereka di musim semi.

Terdapat kepercayaan di Slovenia bahwa Santo Valentine membawa kunci yang baik. Itu adalah hari yang baik untuk mulai bekerja di kebun-kebun anggur dan ladang. Biasanya, saat itu orang mulai memperhatikan merekahnya tanaman dan bunga.

Orang-orang di Slovenia juga percaya bahwa burung-burung di ladang kawin saat itu. Untuk menyaksikannya, seseorang harus berjalan tanpa alas kaki melewati ladang di tanah yang terkadang masih beku.

Meskipun hari ini penting di komunitas pertanian di Slovenia, namun baru pada 12 Maret atau Hari Santo George, mayoritas orang merayakan hari kasih sayang tahunan mereka.

Pada hari itu, tradisi lama merela adalah memberikan kue madu berbentuk hati kepada orang yang dicintai

3. China (Qixi)

Hampir sama dengan Valentine, di China dikenal dengan Qixi atau Festival Malam Ketujuh. Acara ini jatuh pada hari ketujuh dari bulan ketujuh setiap tahun (perhitungan kalender bulan).

Menurut pengetahuan China, seorang putri raja surgawi bernama Zhinu dan seorang gembala sapi yang miskin bernama Niulang jatuh cinta. Mereka menikah dan memiliki anak kembar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com