Kompas.com - 13/02/2019, 21:33 WIB
|

DENVER, KOMPAS.com - Gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman sudah dinyatakan bersalah dan akan menjalani masa hukumannya di penjara terketat di Amerika Serikat.

Meski vonis baru akan dibacakan Juni mendatang, dengan 10 dakwaan yang menjeratnya, termasuk mendalangi penyelundupan narkoba internasional, diyakini El Chapo akan mendekam seumur hidup di penjara.

Kemungkinan besar pria 61 tahun itu akan dikirim ke penjara ADX Florence, Colorado sebuah penjara paling ketat dan sejauh ini tak seorang pun pernah lolos dari sana.

Baca juga: El Chapo Bakal Ditempatkan di Penjara Berjuluk Alcatraz di Bebatuan

Di penjara berjuluk "Alcatraz di Pegunungan Rocky" itu, El Chapo akan menjalani hukuman bersama para pengebom, pelaku ujaran kebencian, dan teroris domestik.

ADX Florence resmi beroperasi pada 1994 dan dirancang sebagai penjara berkeamanan maksimum yang menjamin narapidana tak bisa kabur sekaligus memastikan keamanan staf dan pekerjanya.

Penjara ini berdiri di atas lahan seluas 15 hektare, 160 kilometer sebelah selatan kota Denver.

Para narapidana di tempat ini menghabiskan 23 jam sehari di dalam sel mereka dan harus dikawal minimal tiga pengawal saat menikmati rekreasi pribadi selama lima jam per pekan.

Setiap sel memiliki sebuah meja, bangku, dan tempat tidur yang hampir seluruhnya dibuat dari beton cor.

Sel juga dilengkapi sebuah lampu yang bisa dimatikan dari jarak jauh, sebuah radio, dan sesekali sebuah televisi hitam putih yang hanya menayangkan acara rekreasi, pendidikan, dan keagamaan.

Selain itu, semua sel dirancang kedap suara agar para narapidana tidak saling berkomunikasi dengan kode morse.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.