Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Perancis Ini Larang Anjing Menggonggong Terlalu Keras

Kompas.com - 13/02/2019, 14:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

FREUQUIERES, KOMPAS.com — Sebuah kota di kawasan utara Perancis dilaporkan mengeluarkan larangan tak biasa terkait hewan peliharaan.

Pemerintah kota Freuquieres memberikan larangan bagi anjing untuk menggonggong terlalu keras ataupun secara berulang.

Baca juga: Video Anjing Diseret Mobil Pikap Viral, Pengemudi Ditangkap

Dilaporkan BBC, Selasa (12/2/2019), denda 68 euro, sekitar Rp 1 juta, bagi pemilik yang anjingnya menggonggong terlalu keras.

Kepada Le Parisien, Wali Kota Jean-Pierre Estienne mengatakan, larangan itu merupakan tanggapan atas "situasi tak terkendali" yang terjadi di tempatnya.

Estienne menjelaskan bahwa setiap tahun kota berpenduduk 1.500 orang itu selalu mengalami polusi suara akibat gonggongan anjing.

Sempat mendapat kritik dari aktivis penyayang binatang, dia menegaskan, pemerintah kota tidak bermaksud melarang adanya anjing.

"Kami tidak menentang keberadaan anjing. Hanya jika Anda memilikinya, Anda punya kewajiban untuk mendidik peliharaan Anda," ujar Estienne.

Peraturan yang efektif berlaku pada Senin (11/2/2019) itu melarang anjing keluar dari rumah tanpa didampingi sang pemilik.

Para pemilik yang ketahuan melanggar peraturan bakal mendapat sesuai dengan keluhan yang dilayangkan tetangga atau masyarakat sekitar.

Peraturan itu muncul setelah sebelumnya masyarakat mengajukan petisi terhadap seorang warga perempuan yang diketahui punya banyak anjing.

"Saya mengambil keputusan ini karena kami sudah tidak punya mempunyai opsi lain. Saya tidak akan duduk diam dan berpura-pura tak peduli," kata Estienne.

Larangan itu langsung mendapat reaksi dari Presiden Asosiasi Pertahanan Hak Binatang Stephane Lamart dilansir harian Le Monde.

"Sangat luar biasa. Anjing itu punya mulut gunanya untuk menggonggong! Justru kita harus senang karena bisa membantu mendeteksi penjahat," ujarnya.

Menggonggong merupakan cara anjing untuk berkomunikasi. Tergantung jenisnya, gonggongan anjing bisa mencapai 100 dB, lebih keras dari mesin pabrik.

Gonggongan anjing biasanya untuk menunjukkan dia cemas, merasakan adanya bahaya, hingga dia ingin mendapat perhatian pemiliknya.

Baca juga: Lebih dari 40 Mumi Kuno Ditemukan di Mesir, Ada Anjing dan Anak-anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com