Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah "Shutdown" Terulang, Republik dan Demokrat Ambil Jalan Tengah

Kompas.com - 12/02/2019, 19:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,AFP

EL PASO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuju perbatasan Texas pada Senin (11/2/2019) untuk menegaskan kembali tentang tembok yang diklaimnya akan berhasil.

Di saat yang sama, dua partai di AS mengumumkan jalan tengah yang telah dicapai untuk mencegah terjadinya penutupan pemerintahan federal atau shutdown.

Kesepakatan itu digelar dalam rapat tertutup di Washington DC, usai pembahasan sengit selama berjam-jam.

Baca juga: Trump Tak Ingin Singkirkan Opsi Shutdown ataupun Darurat Nasional

Laporan BBC menyebutkan, Partai Demokrat yang saat ini mengendalikan DPR tetap menolak anggaran senilai 5,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80 triliun untuk proyek tembok perbatasan ala Trump.

Namun, Partai Republik dan Demokrat sepakat untuk menyetujui pengajuan belanja senilai 1,37 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19,3 triliun untuk pagar baru di perbatasan AS bagian selatan itu.

Meski sudah ada kesepakatan, masih butuh persetujuan Kongres dan tanda tangan presiden.

"Kami pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan tentang Keamanan Dalam Negeri dan enam RUU lainnya," kata Senator Richard Shelby dari Partai Republik, seperti dikutip dari AFP.

Jumlah yang diputuskan itu nantinya akan mendanai sekitar 89 km pagar perbatasan, yang berlokasi di daerah Rio Grande Valley di Texas selatan.

Padahal Trump menjanjikan pembangunan tembok perbatasan sepanjang 3.200 km.

Penghalang akan dibangun di Rio Grande Valley berdasarkan desain yang telah ada, seperti menggunakan bilah logam dan bukan dinding beton seperti keinginan presiden.

Selain soal pagar perbatasan, dua kubu juga mencapai kesepakatan untuk mengurangi jumlah tempat tidur di pusat penahanan migran menjadi 40.250 dari 49.057 buah saat ini.

Baca juga: Shutdown Usai, Trump Akhirnya Bisa Kembali Bermain Golf

Sementara itu, di depan para pendukungnya di sebuah stadion dengan spanduk raksasa bertuliskan "Finish the Wall" di El Paso, Trump meyakinkan tembok raksasa akan efektif.

"Tembok akan berhasil... Tembok akan menyelamatkan jiwa," ujarnya.

"Kita butuh tembok dan itu harus dibangun," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com