Kompas.com - 12/02/2019, 14:39 WIB

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS), berniat menarik pasukannya dari perbatasan Meksiko.

Gubernur Gavin Newsom dijadwalkan bakal mengumumkannya dalam pidato negara bagian Selasa (12/2/2019) sejak terpilih November lalu.

Baca juga: Bantah Trump, New Mexico Tarik Pasukan Garda Nasional dari Perbatasan

Dalam kutipan yang dirilis kantornya dilansir The Independent Senin (11/2/2019), isu tentang keamanan perbatasan dibuat-buat.

"Karena itu, California tidak akan mengambil bagian dalam drama politik ini," tegas mantan Letnan Gubernur California periode 2011-2019 itu.

Rencananya, California bakal menyisakan 100 dari 360 personel dengan fokus kepada kejahatan transnasional seperti perdagangan senjata serta narkoba.

Dalam rencana yang bakal dipaparkan Selasa itu, Garda Nasional California tidak akan diminta untuk menerapkan kebijakan imigrasi.

Keputusan Newsom menarik Garda Nasional mengikuti Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham yang lebih dahulu mengumumkannya pada pekan lalu.

Sikap dua gubernur yang sama-sama menjabat sejak Januari lalu itu bertolak belakang dengan kebijakan pendahulu mereka.

Niat mereka menarik pasukan Garda Nasional tidak sejalan dengan kebijakan Presiden Donald Trump yang ingin memperkuat perbatasan untuk menangkal migran ilegal.

Pendahulu Newsom, Jerry Brown, sebelumnya menempatkan pasukan di perbatasan Meksiko dengan tenggat waktu hingga 31 Maret mendatang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.