Nama Putri Ubolratana Resmi Dicoret sebagai Kandidat PM Thailand

Kompas.com - 11/02/2019, 18:37 WIB
Dalam foto bertanggal 24 Maret 2010, Putri Thailand Ubolratana Rajakanya mengunjungi Pameran Seni Hong Kong.AFP/MIKE CLARKE Dalam foto bertanggal 24 Maret 2010, Putri Thailand Ubolratana Rajakanya mengunjungi Pameran Seni Hong Kong.

BANGKOK, KOMPAS.com - Pada Senin (11/2/2019), komisi pemilihan umum Thailand secara resmi mendiskualifikasi Putri Ubolratana yang ingin mencalonkan diri menjadi perdana menteri.

Keputusan ini juga sekaligus mengakhiri kedekatan politik singkat antara Ubolratana dengan sebuah partai yang terkait dengan klan Shinawatra yang amat kuat.

Diskualifikasi ini terjadi hanya beberapa hari setelah pernyataan resmi kerajaan yang mengecam rencana Ubolratana itu.

Baca juga: Pernyataan Raja Thailand Bikin Putri Ubolratana Batal Jadi Calon Perdana Menteri


Ketidakpastian terjadi di Thailand sejak Jumat pekan lalu ketika Partai Thai Raksa Chart mengumumkan Putri Ubolratana, kakak Raja Maha Vajiralongkorn, sebagai kandidat partai untuk menduduki kursi perdana menteri.

Diusungnya nama Ubolratana di mata beberapa orang merupakan kesepakatan bawah tangan dengan Thaksin Shinawatra, miliarder sekaligus mantan perdana menteri yang kini mengasingkan diri.

Namun, sebuah perintah kerajaan langsung dari Raja Vajiralongkorn mematikan aspirasi politik tak terduga itu.

Raja bersikukuh, keluarga kerajaan harus berada di atas kepentingan politik dan menggambarkan pencalonan Ubolratana itu amat tidak pantas.

Keluarga kerajaan Thailand yang amat kuat ini sangat dihormati rakyatnya dan dilindungi undang-undang anti-penistaan yang amat keras.

Bagi warga Thailand, apa pun perkataan raja dianggap sebagai sebuah titah yang sudah final.

Itulah yang terjadi, titah raja kemudian berujung para keputusan komisi pemilu yang mendiskualifikasi Ubolratana.

Baca juga: Raja Thailand Kecam Upaya Kakaknya Jadi Calon Perdana Menteri

"Komisi pemilu hari ini mengumumkan mencoret nama kandidat Putri Ubolratana yang diusung partai Thai Raksa Chart," demikian pernyataan komisi pemilihan umum.

Meski amat singkat, niat Putri Ubolratana menjadi perdana menteri memanaskan dunia peropolitikan Thailan menjelang pemilu pada 24 Maret mendatang.

 



Terkini Lainnya


Close Ads X