Kompas.com - 09/02/2019, 19:47 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Upaya Putri Ubolratana Rajakanya maju menjadi calon Perdana Menteri Thailand akhirnya harus kandas.

Itu setelah partai pengusungnya, Thai Raksa Chart, memilih untuk mematuhi pernyataan resmi yang dikeluarkan Raja Maha Vajiralongkorn.

"Thai Raksa Chart bersedia untuk mematuhi perintah kerajaan," demikian pernyataan partau memalui pesan LINE, seperti dilansir AFP Sabtu (9/2/2019).

Baca juga: Raja Thailand Kecam Upaya Kakaknya Jadi Calon Perdana Menteri

Thai Raksa menambahkan, mereka siap untuk menghormati tradisi dan adat kerajaan sesuai dengan konstitusi Thailand, serta mengumumkan pembatalan agenda kampanye.

Awalnya, partai yang berafiliasi dengan mantan PM Thaksin Shinawatra itu mencalonkan Putri Ubolratana pada Jumat (8/2/2019).

Pencalonan Ubolratana itu dianggap bisa jadi ancaman ambisi petahana Prayuth Chan-o-Cha yang menjungkalkan PM Yingluck Shinawatra yang merupakan adik Thaksin pada 2014.

Namun, upaya putri 67 tahun itu mendapat tanggapan dari Raja Vajiralongkorn yang notabene adiknya beberapa jam kemudian melalui pernyataan resmi.

Raja yang bakal dilantik pada 2019 ini tersebut mengatakan menyeret anggota kerajaan ke dalam politik bertentangan dengan tradisi dan "tidak pantas".

Thailand merupakan negara dengan penerapan lese majeste (pasal pelindung keluarga kerajaan) paling ketat di dunia, dengan titah raja tak bisa dibantah.

Para bangsawan maupun selebritis Negara "Gajah Putih" langsung mengapresiasi pernyataan Raja Vajiralongkorn dengan menyerukan "Hidup Sang Raja".

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.