Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Sebut Kelompok Hezbollah Aktif di Venezuela

Kompas.com - 07/02/2019, 22:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyebut adanya kelompok yang disokong Iran beraksi di Venezuela.

Dalam wawancara dengan Fox Business via The Independent Kamis (7/2/2019), Pompeo menuturkan terdapat keberadaan Hezbollah di sana.

Baca juga: Bahas Venezuela, Trump Akan Jamu Presiden Kolombia di Gedung Putih

"Orang tidak menyadari jika ada sel sktif Hezbollah di Venezuela," kata Pompeo yang menambahkan, Iran berusaha mengembangkan pengaruh di Amerika Latin.

"Kami mempunyai kewajiban untuk menangkal risiko itu demi keseluruhan Amerika," tegas mantan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) itu.

Washington mendeklarasikan kelompok asal Lebanon itu sebagai organisasi teroris, dan memberi sanksi kepada figur Venezuela yang dianggap punya hubungan dengan Hezbollah.

Pernyataan Pompeo terjadi beberapa jam setelah pensiunan Mayor Jenderal Angkatan Darat AS Bob Scales juga menyebut keberadaan Hezbollah.

Bedanya, Scales menyatakan Hezbollah sudah ada di Venezuela sejak 1980-an. Dia berkata Hezbollah selalu menemukan kelemahan dunia.

"Mereka selalu pergi ke tempat tergelap. Keberadaan mereka hanya berjarak sekitar 1.448 km dari perbatasan selatan kami," tegasnya dikutip Al Masdar News.

AS meyakini Venezuela merupakan basis pengumpulan dana Hezbollah selama beberapa tahun melalui peredaran narkoba dan pencucian uang.

Mendiang Presiden Hugo Chavez dilaporkan mempunyai hubungan erat dengan Iran semasa pemerintahan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Lebih lanjut, Pompeo mengatakan AS, Inggris, maupun negara Uni Eropa lainnya menekan Presiden Nicolas Maduro untuk mundur dan segera menggelar pemilihan.

Pompeo menyebut Maduro sebagai "iblis" dan bersikeras intervensi AS merupakan respon dari rakyat Venezuela yang menderita di bawah rezimnya.

"Kami tidak boleh membiarkan negara yang berada di kawasan sama dengan kami memperlakukan rakyatnya seperti itu," tegas Pompeo.

Baca juga: Tolak Bantuan Kemanusiaan, Presiden Venezuela: Kami Bukan Pengemis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com