Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Tertangkap Kamera Ambil 480 Angpau dari Sebuah Kuil

Kompas.com - 07/02/2019, 19:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Asia One

SINGAPURA, KOMPAS.com - Seorang perempuan dilaporkan tertangkap kamera pengawas mengambil angpau yang disediakan di sebuah kuil di Singapura.

Kontributor Stomp Eric mengunggah rekaman CCTV yang memperlihatkan perempuan itu masuk ke kuil yang terletak di kawasan Teck Whye Lane.

Dilansir Asia One Kamis (7/2/2019), Eric yang tak membeberkan nama kuilnya berkata, insiden itu terjadi pada Selasa (5/2/2019) pukul 12.00 waktu setempat.

Baca juga: Rayakan Imlek, Seorang Jemaat Sebar Angpau di Tengah Jalan

Eric yang menjadi relawan di kuil itu menuturkan, awalnya dia menyiapkan angpau tersebut untuk perayaan Tahun Baru Imlek Senin (4/2/2019).

Setiap angpau berisi dua koin 10 sen dan nomor keberuntungan. Amplop merah itu kemudian diletakkan di nampan kayu dekat altar.

"Angpau itu dimaksudkan sebagai berkat bagi pengunjung yang datang ke kuil untuk menyembah dewa," papar Eric yang mengaku menyiapkan 500 angpau.

Dia kemudian meninggalkan kuil pada Senin malam. Keesokan harinya para relawan berdatangan untuk membersihkan dan mempersiapkan perayaan.

Di saat itulah, mereka menyadari bahwa nampan tersebut hampir hilang. Eric yang diberi tahu langsug melakukan pengecekan CCTV.

Hasilnya, dia melihat perempuan itu bolak balik masuk ke kuil dan mengambin angpau yang disediakan dan kemudian menaruhnya ke tas.

"Berdasarkan pengamatan saya, dia keluar masuk kuil sebanyak 5-6 kali, dan mengambil setidaknya 480 angpau," jelas Eric.

Dia mengungkapkan, saat insiden terjadi tidak ada relawan yang bertugas. Adapun kuil memutuskan tidak melaporkannya ke polisi.

"Secara teknis, dia tidak melakukan kejahatan karena angpau itu memang diperuntukkan bagi pengunjung. Namun, insiden ini menjadi pelajaran buat kami," ujar dia.

Dia mengatakan, kuilnya sering sekali mengalami kejadian di mana para pengunjung mengambil angpau lebih dari yang diizinkan.

Biasanya, para petugas bakal menegur mereka secara baik-baik. Eric tidak menyangka jika perempuan itu bakal mengosongkan nampannya.

"Saya pikir perempuan itu sangat egois sekaligus serakah," keluh Eric.

Baca juga: Gadis Ini Gugat Orangtuanya Gara-gara Angpao

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com