Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie Sebut Krisis Rohingya sebagai Kegagalan Dunia

Kompas.com - 07/02/2019, 16:13 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Utusan Khusus Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR), Angelina Jolie, mengatakan bahwa kondisi 730.000 jiwa pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh yang terusir dari tanah kelahirannya sebagai kegagalan dunia yang memalukan.

Dikutip dari Reuters, hal itu Jolie sampaikan saat melakukan kunjungan ke Kutapalong, kawasan pengungsian terbesar di dunia yang terletak di Distrik Cox's Bazar, Bangladesh.

Jolie berdialog dan menyampaikan pidatonya di hadapan para pengungsi. Mereka menyampaikan keluh kesahnya dan mengaku diperlakukan layaknya sapi ternak.

"Kalian berhak untuk memiliki negara. Dan melihat cara kalian diperlakukan seperti ini membuat kami semua malu," kata Jolie.

Jolie menyatakan, dengan kerendahan hati ia bangga bisa berada di tengah-tengah para pengungsi.

Baca juga: Tiba di Bangladesh, Angelina Jolie Kunjungi Pengungsi Rohingya

Jolie saat bertemu masyarakat pengungsi Rohingya di BangladeshInstagram Jolie saat bertemu masyarakat pengungsi Rohingya di Bangladesh
Kehadiran Jolie ini disebut sebagai persiapan dalam mengajukan  permohonan dana sebesar 920 juta Dolar untuk membantu para pengungsi.

Diketahui, para pengungsi Rohingya ini berada di Bangladesh setelah melarikan diri dari persekusi dan upaya genosida yang terjadi secara brutal di negara asalnya, Myanmar. Saat itu, persekusi dilakukan oleh para militan anti-Rohingya pada Agustus 2017.   

"Saya mendorong pemerintahan Myanmar untuk menunjukkan komitmennya menangani krisis ini. Komitmen dibutuhkan untuk mengakhiri siklus kekerasan, perpindahan, dan memperbaiki kondisi segenap masyarakat di Rakhine, termasuk Rohingnya," kata Jolie.

Seorang pengungsi bernama Mohammed Shakir (22) menghargai kedatangan Angelina Jolie dalam misi kemanusiaan ini.

"Ketika aku melihatnya, aku sangat senang karena dia menyampaikan kata-kata spesial untuk kami etnis Rohingya," ucap Shakir.

Mereka menjadi korban adanya krisis diskriminasi berkepanjangan yang tak terselesaikan di tanah kelahirannya, Rakhine, Myanmar, yang kemudian melarikan diri ke Bangladesh. Banyak juga yang lari ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com