Kompas.com - 06/02/2019, 06:49 WIB

ABU DHABI, KOMPAS.com - Seorang pria asal Inggris memakai jersey tim sepak bola Qatar ketika menghadiri pertandingan Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

Namun, seragam itu justru membawa petaka bagi Ali Issa Ahmad, yang ditangkap dan ditahan satelah Qatar bertanding melawan Irak di Abu Dhabi pada 22 Januari lalu.

Diwartakan BBC, Rabu (6/2/2019), pria berusia 26 tahun itu diklaim tidak mengetahui peraturan yang melarang "simpati" untuk Qatar.

Baca juga: Kalahkan Jepang, Qatar Cetak Sejarah dengan Juara Piala Asia 2019

Kantor Luar Negeri Inggris menyatakan, telah memberikan bantuan kepada warga negaranya dan menghubungi pihak berwenang di UEA.

Kedutaan Besar UEA di London menyebutkan, Ahmad tidak ditangkap karena mengenakan kaus tim sepak bola Qatar, melainkan atas tudingan membuang waktu polisi dan membuat pernyataan palsu.

Seorang temannya mengatakan, Ahmad diserang oleh petugas keamanan setelah dibebaskan.

Selanjutnya, dia melaporkan insiden tersebut ke kantor polisi dan malah dituduh berbohong sehingga membawanya ke penahanan.

Kedubes UEA di London awalnya tidak mengomentari kasus ini, namun meyakinkan bahwa segala tuduhan pelanggaran hak asasi manusia sebagai hal sangat serius dan akan diselidiki secara menyeluruh.

Dalam pernyataan berikutnya, Kedubes UEA menyebutkan Ahmad merupakan warga negara ganda Sudan-Inggris.

Berbeda dengan klaim teman Ahmad, Kedubes UEA menyatakan Ahmad ke kantor polisi untuk melaporkan peristiwa dia dipukuli penggemar bola setempat karena mendukung tim Qatar.

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.