Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Membunuh, Anggota Parlemen Rusia Ditangkap Saat Bersidang

Kompas.com - 31/01/2019, 13:54 WIB
Ervan Hardoko

Editor

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang politisi Rusia, Rauf Arashukov ditahan polisi saat sedang mengikuti sidang parlemen di Moskwa.

Dia ditangkap karena diduga terlibat dalam dua pembunuhan. Sebelum ditangkap, politisi tersebut sempat  berusaha melarikan diri dari ruang sidang.

Jaksa penuntut Rusia sebelumnya hadir dalam persidangan di parlemen tersebut dan kemudian secara tidak terduga memerintahkan penahanan terhadap Arashukov yang berusia 32 tahun.

Baca juga: Politisi Rusia Klaim Moskwa Punya S-700 yang Mampu Jangkau Semua Tempat di Bumi

Dalam video yang dirilis Komite Investigatif, Arashukov terlihat dibawa petugas keamanan dengan tangan diborgol dan dimasukkan ke dalam mobil tahanan.

Komite tersebut mengatakan Arashukov ditanyai sebagai tertuduh dalam pembunuhan seorang pegiat muda lokal dan penasehat untuk kepala wilayah Karachaevo-Cherkessiya di wilayah selatan Rusia

Menurut kantor berita RIA yang mengutip pengacaranya, Arashukov membantah keterlibatan dirinya dalam dua pembunuhan itu.

Para penyidik mengatakan Arashukov, yang mewakili wilayah minoritas di Majelis Tinggi Parlemen Rusia, mengalami kesulitan berbahasa Rusia dan telah meminta bantuan penerjemah.

Menjelaskan apa yang terjadi sebelumnya, Ketua Parlemen Rusia Valentina Matvienko mengatakan, Arashukov mencoba ke luar dari ruang sidang, namun dia meminta Arashukov untuk tidak melakukannya.

Baca juga: Tampar Siswa Sekolah, Politisi Rusia Justru Dipuji Netizen

Araashukov mencoba kabur setelah politisi lainnya memilih menghilangkan kekebalannya sebagai anggota parlemen.

"Dia mencoba berdiri dan meninggalkan persidangan. Saya memberitahu dia untuk tetap duduk karena menurut aturan sekarang dia memiliki hak untuk memberi keterangan." katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com