Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Bakal Izinkan Tahanan Lakukan "Video Call" dengan Keluarga

Kompas.com - 30/01/2019, 23:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Kementerian Kehakiman Italia mengeluarkan kebijakan inovatif berkenaan dengan hak kunjungan keluarga terhadap para tahanan di negara itu.

Para narapidana di Italia kini akan mendapatkan kesempatan melakukan video call atau panggilan video dengan kerabatnya melalui aplikasi Skype hingga enam kali dalam sebulan.

Kebijakan tersebut, yang telah diujicobakan di sejumlah fasilitas tahanan di Italia, diambil demi memudahkan para narapidana untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga mereka.

"Akan lebih mudah bagi para tahanan untuk dapat menghubungi anak-anak, orangtua, atau pasangan mereka."

"Selain itu waktu untuk transfer tahanan, waktu tunggu, dan pertemuan di lokasi dapat berkurang," kata Kementerian Kehakiman dalam pernyataannya, Rabu (30/1/2019), seperti dilansir AFP.

Baca juga: WhatsApp Bisa Dibajak Saat Video Call, Perbaikan Sudah Dirilis

Meski dilakukan via perangkat elektronik dan tidak akan ada kontak langsung, namun setiap panggilan  video akan diperlakukan sama seperti halnya kunjungan di penjara.

Selama panggilan dilakukan akan dipantau dan diawasi oleh petugas penjara yang akan melihat dengan jelas apa yang dilihat tahanan.

Petugas juga diberi wewenang untuk memutus sambungan secara mendadak jika menilai tahanan maupun kerabat yang dihubungi berperilaku yang tidak seharusnya.

Selain itu, Kementerian Kehakiman mengatakan, panggilan video via Skype juga akan dikenakan pemeriksaan keamanan yang sama dengan kunjungan penjara.

Pihak yang akan melakukan sambungan video dengan tahanan akan diwajibkan untuk memberikan alamat dari pihak yang akan dihubungi, serta harus dapat menunjukkan sertifikat yang membuktikan bahwa lokasi tersebut adalah milik kerabat tahanan.

Kesempatan untuk melakukan sambungan video via Skype tersebut akan diperluas dan diberlakukan secara nasional setelah dilakukannhya serangkaian uji coba di sejumlah penjara di seluruh negeri.

Fasilitas kunjungan melalui sambungan video ini juga telah dilakukan di ratusan fasilitas penjara di AS.

Baca juga: Sering Video Call Lewat WhatsApp, Foto Bugil Remaja Ini Disebar ke Medsos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com