Kompas.com - 27/01/2019, 11:58 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Tunisia menyerukan kepada Liga Arab untuk kembali menerima Suriah sebagai anggotanya dengan menyebut negara itu sejatinya adalah negara Arab.

"Suriah adalah negara Arab dan sejatinya menjadi anggota Liga Arab," kata Menteri Luar Negeri Tunisia, Khemaies Jhinaoui, dalam konferensi pers, Sabtu (26/1/2019).

Pernyataan resmi Tunisia tersebut datang menjelang dilangsungkannya pertemuan puncak tahunan organisasi Liga Arab di Tunis pada Maret mendatang.

Liga Arab telah menangguhkan keanggotaan Suriah sejak November 2011, karena perang saudara yang pecah di negara itu dan telah menelan banyak korban jiwa.

"Pernyataan tentang Suriah kembali ke Liga Arab tidak bergantung pada Tunisia, namun pada Liga Arab," tambah Jhinaoui.

"Para menteri luar negeri (negara-negara anggota) yang akan memutuskan masalah ini. Yang menjadi perhatian kami adalah stabilitas keamanan di Suriah," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Liga Arab: Negara yang Rayakan Peresmian Kedutaan AS di Yerusalem Memalukan

Pendapat tentang menerima kembali Suriah menjadi anggota Liga Arab telah terpecah di antara negara-negara anggotanya.

Sejumlah negara Arab telah mulai kembali menjalin hubungan diplomatik dengan Suriah, ditandai dengan membuka kembali kedutaan besar mereka di Damaskus.

Pada bulan Desember 2018, Uni Emirat Arab telah membuka kembali kedutaan besarnya untuk Suriah.

Di bulan yang sama, Presiden Sudan Omar al-Bashir melakukan kunjungan ke Damaskus, menjadi yang pertama dilakukan pemimpin Arab sejak perang pecah di negara itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.