Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Hentikan Dana Bantuan untuk Bayar Gaji Pegawai Hamas di Gaza

Kompas.com - 27/01/2019, 11:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar memutuskan untuk tak lagi memberikan dana bantuan untuk membayar gaji karyawan Hamas di Gaza.

Langkah tersebut diambil setelah kelompok yang memegang kendali di Gaza itu menolak menerima uang dana bantuan yang dikirimkan di bawah kondisi yang ditentukan Israel.

"Kami tidak akan (lagi) membayar gaji para karyawan Hamas di Gaza," kata Duta Besar Qatar untuk Jalur Gaza, Mohammed al-Emadi, Sabtu (26/1/2019).

Sebelumnya diberitakan, otoritas Israel telah memblokir pengiriman dana bantuan dari Qatar ke Gaza, setelah terjadinya bentrokan di perbatasan antara militer Israel dengan anggota kelompok Hamas.

Bentrokan tersebut menyebabkan seorang tentara Israel terluka akibat tembakan peluru di bagian kepala, sementara seorang anggota Hamas dilaporkan tewas.

Namun dana bantuan tersebut pada akhirnya tetap diizinkan melewati Israel setelah ditahan selama beberapa hari.

Baca juga: Hamas Pilih Tolak Uang Bantuan Qatar yang Sempat Diblokir Israel

Hamas menilai tindakan Israel yang menahan dana bantuan Qatar sebagai upaya memeras rakyat Gaza dan mempermalukan Qatar, sehingga memilih untuk tidak menerima dana bantuan tersebut.

Dana bantuan sebesar 15 juta dollar AS (sekitar Rp 212 miliar) tersebut adalah bagian dari kesepakatan pemberian bantuan senilai total 90 juta dollar (sekitar Rp 1,3 trililun) dari Qatar untuk Jalur Gaza yang dibayarkan selama enam bulan sejak November 2018.

Dana yang digunakan untuk membayar gaji pegawai Hamas dan bantuan kepada warga miskin di Gaza itu menjadi bagian dari kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dengan Israel.

Meski tak lagi membayar gaji pegwai Hamas, pemerintah Qatar akan tetap memberikan dana bantuan untuk warga miskin di Gaza.

Pada Sabtu (26/1/2019), sebanyak 94.000 keluarga miskin di Jalur Gaza menerima masing-masing 100 dollar (sekitar Rp 1,4 juta) dari dana bantuan Qatar.

Al-Emadi menambahkan, pemerintah Qatar masih akan tetap menyalurkan sisa dana bantuan untuk Gaza sebesar 60 juta dollar AS melalui program-program PBB.

"Kedua belah pihak kini telah merasa lega, dan cara ini lebih baik," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Israel Tahan Dana Bantuan Qatar untuk Jalur Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com