Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lulus Kuliah, Dicap Gila, hingga Menemukan TV, Fakta Unik John Logie Baird

Kompas.com - 26/01/2019, 13:49 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Televisi hadir sebagai perangkat hiburan yang dinikmati hampir semua orang di berbagai belahan dunia. Tak hanya menyediakan informasi saja, televisi juga menyediakan program hiburan kepada setiap keluarga.

Berbagai macam acara mampu dihadirkan melalui jaringan televisi, baik itu drama, komedi, reality show, berita, talk show, dan beragam program lain.

Apalagi, sekarang sudah ada TV kabel atau TV pintar dengan berbagai layanan streaming yang memudahkan seseorang dalam mencari tontonan yang disukai.

Namun, tak banyak yang mengetahui sosok unik penemu televisi, yaitu penemu asal Skotlandia bernama John Logie Baird. Berkat penemuan Baird, gambar visual mampu ditransmisikan ke layar televisi dan bisa ditonton orang banyak.

Berikut adalah fakta menarik dari John Logie Baird:

1. Tak Lulus Kuliah

John Logie Baird lahir pada 14 Agustus 1888 di Helensburgh di pantai barat Skotlandia. Dia merupakan putra seorang pendeta.

Ia mengenyam bangku kuliah di Universitas Glasgow, namun sempat terganggu karena Perang Dunia I. Baird juga tak diperbolehkan ikut serta dalam peperangan karena kesehatannya.

Untuk mengatasi itu, dia bekerja pada perusahaan listrik Clyde Valley menjabat sebagai insinyur pengawas ketika itu. Di perusahaan itulah yang mengilhami Baird saat kelak menemukan televisi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, John Logie Baird Perkenalkan Televisi

2. Penemu sejak kecil

Sejak kecil, Baird memang terbilang beda dengan anak lain. Misalnya, dia berhasil memudahkan komunikasi dengan teman sebayanya di dekat rumahnya dengan temuan buatannya.

Dilansir dari BBC, John Baird memiliki masa kecil yang cerdik. Dia berhasil memasang perangkat sejenis "telepon" untuk menghubungkan kamarnya dengan teman-temannya di seberang jalan.

Kecerdikan ini terjaga hingga dewasa. Setelah keluar dari perusahaan listrik, dia pindah ke selatan Inggris dan menetapkan tekad untuk menciptakan televisi, yang jadi impian banyak ilmuwan selama beberapa dekade.

3. Dianggap gila

Pada 1925, dengan menggunakan cakram/disk buatan Paul Gottlieb Nipkow, Baird akhirnya berhasil mentransmisikan gambar pada layar pertama di dunia. Baird berhasil mentransmisikan gambar televisi pertama dengan gambar berwarna abu-abu.

Bersemangat untuk berbagi berita dengan dunia, Baird mengunjungi kantor surat kabar Daily Express dan berbicara dengan editor.

Namun, Baird mendapat hinaan pedas dan disangka orang gila. Penemuan terus dikembangkan hingga pada 1926 televisi buatannya, "televisor", diperkenalkan ke publik.

4. Mendapatkan paten

Pengenalan televisor buatannya ke publik dicap sebagai demonstrasi televisi pertama di dunia. Setelah berhasil dianggap sebagai penemu televisi, Baird mulai memperbaiki sistem televisinya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com