Hendak Dilelang, Tiga Lukisan "Bertanda Tangan" Hitler Disita Polisi Jerman

Kompas.com - 25/01/2019, 18:33 WIB
Lukisan cat air berjudul Rheinlandschaft dengan tanda tangan A. Hitler yang semula akan dilelang di Jerman.RUSSIAN TIMES / AUKTIONSHAUS KLOSS Lukisan cat air berjudul Rheinlandschaft dengan tanda tangan A. Hitler yang semula akan dilelang di Jerman.

BERLIN, KOMPAS.com - Kepolisian Jerman telah menyita tiga buah lukisan cat air bertanda tangan Adolf Hitler yang hendak dilelang di Rumah Lelang Kloss di Berlin, Kamis (24/1/2019).

Penyitaan tersebut dilakukan lantaran adanya dugaan bahwa ketiga lukisan tersebut adalah palsu dan bukan karya pemimpin diktator Nazi itu.

Ketiga lukisan pemandangan yang masing-masing berjudul "Rheinlandschaft", "Alpenlandschaft", dan "Niederthal, Vent" tersebut bertanggal antara 1910 dan 1911.

Diberitakan AFP, tiga lukisan tersebut ditawarkan oleh rumah lelang dengan harga awal per lukisan 4.000 euro (sekitar Rp 63 juta). Masing-masing lukisan juga disertai dengan dokumen bermeterai oleh seorang ahli yang membuktikan keasliannya.


Baca juga: Saksi Pernikahan hingga Kematian Fuhrer, Ini Fakta Unik Bungker Adolf Hitler

Namun kepolisian Jerman mencurigai ketiga lukisan termasuk dokumen keaslian telah dipalsukan dalam sebuah upaya penipuan.

"Polisi Berlin telah membuka penyelidikan dalam upaya penipuan dan pemalsuan dokumen," tulis pihak kepolisian dalam akun Twitter resmi.

Dilaporkan BBC, polisi mendatangi rumah lelang dan mengamankan ketiga lukisan tersebut sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat, hanya beberapa jam sebelum proses lelang dilakukan.

Ditambahkan juru bicara polisi, Patricia Bramer, penyelidikan akan dilakukan untuk memastikan ada tidaknya praktik penipuan maupun pemalsuan dokumen keaslian untuk ketiga lukisan tersebut.

Polisi belum melakukan penahanan terkait kasus ini. Sementara, pihak penjual lukisan yang meminta untuk tidak diungkapkan identitasnya.

Juru bicara rumah lelang Kloss di Berlin, Heinz-Joachim Maeder menilai, lukisan yang disita tersebut hanya akan bernilai jika tanda tangan pelukis di sudut kanan bawah lukisan adalah asli.

"Jika Anda berjalan menyusuri Seine dan bertemu 100 seniman lukis, maka 80 di antaranya bisa membuat lukisan yang lebih baik dari pada ini," ujarnya.

"Nilai dari lukisan tersebut dan yang membuatnya menarik adaah nama yang tertulis di bagian bawahnya," tambah dia.

Meski lebih dikenal sebagai diktator dan pemimpin Nazi Jerman yang kejam, Adolf Hitler pernah berprofesi sebagai seniman lukis.

Namun dia dua kali ditolak oleh Akademi Seni Murni di Wina karena dianggap kurang memiliki bakat seni.

Baca juga: Cucu Adolf Hitler Sebut Donald Trump Sebagai Pembohong

Dalam bukunya, "Mein Kampf", Hitler menuliskan bahwa dirinya pernah membuat hingga tiga lukisan dalam sehari.

Tetapi setelah berkuasa, Hitler memerintahkan agar lukisan-lukisan yang pernah dibuatnya dikumpulkan dan dimusnahkan.

Walau demikian ada beberapa yang masih selamat dan kini berada di museum, disimpan sebagai koleksi pribadi, atau disimpan oleh militer AS setelah disita usai Perang Dunia II.



Terkini Lainnya


Close Ads X