Kompas.com - 25/01/2019, 13:57 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Di tengah kecaman dan kritik dari sejumlah negara Barat, pemerintahan Venezuela di bawah Presiden Nicolas Maduro ternyata masih mendapat dukungan dari negara asing.

Salah satu pemimpin negara yang telah menyatakan dukungan terhadap Maduro adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Putin dilaporkan telah menghubungi Maduro via telepon untuk menyampaikan dukungan. Dia juga menyebut campur tangan negara asing dalam krisis politik di Venezuela sebagai bentuk pelanggaran hukum internasional.

"Presiden Rusia telah menyatakan dukungan terhadap pemerintah terpilih Venezuela dalam sambungan telepon dengan Presiden Nicolas Maduro," tulis Kremlin dalam pernyataan yang dikutip Russian Times.

Baca juga: AS: Kami Tak Mengakui Rezim Maduro sebagai Pemerintah Sah Venezuela

"Dia juga mengkritik campur tangan asing yang merusak yang telah menerpa negara itu," tambah pernyataan Kremlin.

Putin disebut juga menuding campur tangan asing telah menyebabkan terjadinya krisis politik di Venezuela dan menyebut tindakan itu telah melanggar norma paling dasar dari hukum internasional.

"Putin dan Maduro juga sepakat untuk melanjutkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang," ungkap Kremlin dilansir RT.

Selain Putin, dukungan terhadap Maduro turut disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang dilaporkan juga telah menghubungi Maduro.

"Presiden telah menghubungi dan menyampaikan dukungan Turki terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro," kata juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin.

"Presiden berkata 'Saudaraku Maduro! Tetaplah berdiri tegak, kami mendukungmu!'," lanjutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.